PENGARUH DAYA DAN GETARAN PADA PENGGANTIAN MOVABLE DRIVEN FACE SPRING SEPEDA MOTOR HONDA BEAT 110 CC PGM - FI

Muhammad Ainurrofiq, 201369020011 (2020) PENGARUH DAYA DAN GETARAN PADA PENGGANTIAN MOVABLE DRIVEN FACE SPRING SEPEDA MOTOR HONDA BEAT 110 CC PGM - FI. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201369020011_BAB I.pdf

Download (379kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201369020011_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201369020011_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201369020011_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201369020011_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201369020011_COVER DEPAN.pdf

Download (659kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201369020011_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
201369020011_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

AINURROFIQ, MUHAMMAD. 201369020011. Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Yudharta Pasuruan. Judul Skripsi “Pengaruh Daya dan Getaran Pada Penggantian Movable Driven Face Spring Sepeda Motor Honda Beat 110 CC PGM-FI�, Pembimbing Moch Mas'ud, ST., MT, Dekan Fakultas Teknik Misbach Munir ST., MT. Perkembangan teknologi otomotif khususnya sepeda motor terus dikembangkan untuk mendapatkan kestabilan dan kenyamanan dalam berkendara. Saat ini produsen sepeda motor telah memproduksi kendaraan yang memakai sistem transmisi otomatis. Dari konsep tersebut telah dikembangkan sistem transmisi otomatis secara variabel yang disebut dengan Continously Variabel Transmission (CVT) Sistem. Continously Variabel Transmission (CVT) yaitu sistem otomatis yang dipasang pada beberapa tipe sepeda motor saat ini. Penelitian ini mengkaji tentang getaran dan daya yang dihasilkan oleh sepeda motor Beat 110 CC PGM-FI dengan menggunakan 3 variasi movable driven face spring, diantaranya adalah pegas KTC dengan panjang 144,2 mm, pegas standar honda beat 110 CC PGM-FI dengan panjang pegas 121,2 mm dan pegas tokaido dengan panjang pegas 115,2 mm. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif yang menggunakan 3 variable pegas yang berbeda dengan putaran mesin 3000 rpm, 6000 rpm dan 9000 rpm dan mengetahui getaran dan daya pada setiap 3 macam pegas. Pengaruh getaran dan rpm pada pegas tokaido mempunyai getaran yang terkecil mulai dr rpm 3000 sebesar 8,05 sampai pada rpm 7200 yakni sebesar 1,68. Pegas tokaido hanya mampu mencapai di rpm 7500 dikarenakan pada panjang pegas lebih pendek dibanding pegas KTC dan pegas standart. Pegas KTC dan pegas standart mempunyai getaran berbeda disetiap rpm, yakni di rpm 3000 pada pegas standart sebesar 8,16 dan pegas KTC sebesar 8,37. Pada rpm 6000 pegas standart mempunyai getaran sebesar 2,58 dan pegas KTC mempunya getaran sebesar 3,67. Rpm 9000 pegas standart mempunyai getaran sebesar 0,61 dan pegas KTC sebesar 0,77. Pengaruh rpm dan daya (power) pada Rpm 3000 sampai 6000 pegas tokaido mempunyai power yang besar yakni sebesar 1,14 HP untuk tokaido, 0,35 HP untuk pegas standart dan 0,31 HP untuk pegas KTC. Pada rpm 6000 mempunya daya 7,17 HP untuk tokaido, 7,08 HP untuk standart dan 4,25 HP untuk KTC. Pegas tokaido hanya mampu pada rpm 7500 dikarenakan dari ukuran pegas yang lebih pendek dari pada kedua pegas lainnya. Pada rpm 9000 pegas standart mempunyai daya sebesar 9,81 HP dan pegas KTC mempunya daya sebesar 10.78 HP. Pada pegas KTC power yang dihasilkan lebaih besar dari pada pegas lainnya dikarenakan pegas lebih panjang sehingga mempunyai power yang stabil di rpm ke 9000. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang penggunaan 3 jenis variasi movable driven face spring terhadap daya sepeda motor honda beat PGM – FI, sehingga sangat membantu dan menambah wawasan bagi pembaca.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 620.004 AIN P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMochamad Mas'ud, ST.,MT, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Teknologi & Ilmu Terapan > Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Date Deposited: 26 Oct 2020 11:42
Last Modified: 02 Mar 2022 06:39
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/855

Actions (login required)

View Item View Item