Kalimatul Zuhroh, 2016861320010 (2019) NILAI-NILAI TOLERANSI ANTAR SESAMA DAN ATAR UMAT BERAGAMA (STUDI PANDANGAN KH. SHOLEH BAHRUDDIN). Magister thesis, Universitas Yudharta.
Text (1-BAB I.pdf)
1-BAB I.pdf Download (341kB) |
|
Text (2-BAB II.pdf)
2-BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (3-BAB III.pdf)
3-BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (4-BAB IV.pdf)
4-BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) | Request a copy |
|
Text (5-BAB V.pdf)
5-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (6-BAB VI.pdf)
6-BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) | Request a copy |
|
Text (7-Daftar Pustaka.pdf)
7-Daftar Pustaka.pdf Download (212kB) |
|
Text (Lampiran Depan.pdf)
Lampiran Depan.pdf Download (433kB) |
Abstract
Isu pendidikan agama, dalam konteks bangsa Indonesia yang plural, multikultur, multietnis, dan multireligius menjadi isu yang krusial. Oleh karena itu diperlukan perhatian yang serius dari berbagai pihak agar tidak berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Jika dilihat dari suku bangsanya, Indonesia memiliki lebih dari 100 suku bangsa. Dari segi agama yang dianut oleh warga masyarakatnya, terdiri atas Hindu, Budha, Katholik, Nasrani, Islam, dan Konghuchu. Sedangkan dari kepercayaan lokal seperti, sapto darmo, darmo gandul, dan lain sebagainya. Perbedaan-perbedaan tersebut yang dinamakan multikultural. Jika dilihat dari sikap dan dawuh yang ditunjukkan KH. Sholeh Bahruddin tentang cinta tanah air dan cinta pada sesama. Bukan hanya sikap beliau yang harus kita teladani tetapi dengan tanda kutip masyarakat luas menyebutnya “yai multikulturalâ€. Karena istilah multikultural sangat luas pembahasannya dan banyak nilai-nilai yang terkandung di dalamnya maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang (1) nilai-nilai toleransi, (2) pandangan KH. Sholeh Bahruddin tentang nilai-nilai toleransi antar sesame dan antar umat beragama, (3) Alasan KH. Sholeh Bahruddin memiliki pandangan penting tentang toleransi antar sesama dan antar umat beragama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan narrative research. Data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan dengan teknik (a) wawancara mendalam, (b) observasi partisipan, dan (c) studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data temuan dilakukan dengan (a) triangulasi sumber, (b) triangulasi waktu, dan (c)triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Toleransi antar sesama meliputi toleransi sesama manusia dan toleransi terhadap makhluk Tuhan lainnya seperti hewan dan tumbuhan. Sedangkan toleransi antar umat beragama didasarkan kepada: setiap agama menjadi tanggung jawab pemeluk agama itu sendiri dan mempunyai bentuk ibadat (ritual) dengan sistem dan cara tersendiri yang ditaklifkan (dibebankan) serta menjadi tanggung jawab orang yang memeluknya atas dasar itu, maka toleransi dalam pergaulan hidup antar umat beragama bukanlah toleransi dalam masalah keagamaan, melainkan perwujudan sikap keberagamaan pemeluk suatu agama dalam pergaulan hidup antara orang yang tidak seagama, dalam masalah-masalah kemasyarakatan atau kemaslahatan umum.
Item Type: | Thesis (Magister) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 204.4 ZUH N | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | Agama > Mitor Keagamaan, Teologi Sosial | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam Multikultural (S2) | |||||||||
Date Deposited: | 21 Sep 2019 11:19 | |||||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:40 | |||||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/884 |
Actions (login required)
View Item |