Salis Husniatin, 2016861320030 (2019) KONSEP DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI DURENSEWU I PANDAAN. Magister thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf Download (253kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) | Request a copy |
Abstract
Mendeskriksikan tentang konsep dan implementasi pendidikan multikultural karena sangat penting mencetak siswa siswi yang berkualitas dan berkuantitas. Berdasarkan realita yang ada di SD Negeri Durensewu I Pandaan dalam mengimplementasikan Pendidikan Multikultural maka dapat di Identifikasi Masalahnya sebagai berikut: 1. Penelitian tentang konsep dan implementasi pendidikan multikultural untuk siswa tingkat Sekolah Dasar perlu dideskripsikan dan dilakukan analisis lebih mendalam. 2. Masih terbatasnya sumber belajar terkait dengan implementasi pendidikan multikultural untuk siswa tingkat Sekolah Dasar. 3. berhasil atau gagal dalam implementasi Pendidikan Multikultural untuk siswa di Sekolah Dasar . selanjutnya difokuskan penelitiannya sebagai berikut: 1) Bagaimana konsep pendidikan multikultural di SD Negeri Durensewu I Pandaan? 2) Bagaimana Implementasi pendidikan multicultural di SD Negeri Durensewu I Pandaan?. 3. Mengapa berhasil atau gagal dalam implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Negeri Durensewu I Pandaan? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang konsep dan bagaimana implementasi pendidikan multikultural di SD Negeri Durensewu I Pandaan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang pendekatannya menggunakan studi kasus dengan metode analisa data yang digunakan dari temuan penelitian dilapangan, kemudian dibentuk dalam rangkaian teori yang telah ada, dan dikembangkan dari data yang telah diperoleh melalui lapangan. Pendidikan multikultural disekolah merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam semua jenjang pendidikan. sekolah harus menjadi model bagaimana kehidupan dengan aneka kultur berlangsung, sehingga masing-masing siswa memahami dan menghormati kultur yang ada sehingga terjadi toleransi, keadilan dan kesetaraan sosial. Dari hasil penelitian ini ditarik kesimpulan bahwa Konsep dan implementasi pendidikan multikultural disekolah dilaksanakan dengan mengunakan beberapa pendekatan yaitu pendekatan kontribusi, pendekatan aksi sosial dan pendekatan pembiasaan, hal ini dilaksanakan dengan cara berbagai macam kegiatan yang ada di sekolah serta dilaksanakan pada saat kegiatan belajar mengajar. Dalam kurikulum tematik yang diterapkan sekolah ada beberapa materi pelajaran yang ada di SD Negeri Durensewu I terdapat unsur pendidikan multikultural.
Item Type: | Thesis (Magister) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 370.117 HUS K | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan Agama | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam Multikultural (S2) | |||||||||
Date Deposited: | 24 Sep 2019 13:26 | |||||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:40 | |||||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/885 |
Actions (login required)
View Item |