Pengaruh metode Qawaid wa at-Tarjamah terhadap penguasaan mufradat santri baru asrama K pondok pesantren Ngalah Sengonagung Purwosari Pasuruan

Sultonul Mu'allifin, 201486020009 (2019) Pengaruh metode Qawaid wa at-Tarjamah terhadap penguasaan mufradat santri baru asrama K pondok pesantren Ngalah Sengonagung Purwosari Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (401kB)
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB) | Request a copy
[img] Text (Cover.pdf)
Cover.pdf

Download (841kB)
[img] Text (Lampiran.pdf)
Lampiran.pdf

Download (446kB)
[img] Text (Refrensi.pdf)
Refrensi.pdf

Download (161kB)

Abstract

Al-Qur'an sebagai sumber hukum dan pedoman umat islam yang tersusun dalam bahasa Arab memaksa kita selaku bangsa ‘ajam / non Arab harus mempelajari bahasa tersebut agar mampu mengerti dan memahami ajaran islam. Kosakata merupakan faktor utama dalam mempelajari bahasa asing. Pondok Pesantren Ngalah yang ada di Desa Sengonagung Purwosari Pasuruan misalnya, menerapkan metode Qawaid wa at-Tarjamah sebagai salah satu metode pembelajaran yang diberikan terhadap santri baru untuk mempelajari bacaan berbahasa Arab. Penelitian ini meneliti bagaimana penerapan metode Qawaid wa at-Tarjamah yang berlangsung disana dan bagaimana pengaruh metode Qawaid wa at-Tarjamah terhadap penguasaan mufradat santri baru asrama K yang menggunakannya. Dengan menyusun rancangan penelitian yang sistematis, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dalam menyusun penelitian ini. Mengambil data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes, kemudian menganalisa data yang didapat dipadukan dengan teori yang diambil apakah terdapat pengaruh antara metode Qawaid wa at-Tarjamah terhadap penguasaan mufradat santri. Penerapan metode Qawaid wa at-Tarjamah terhadap santri baru asrama K diawali dengan pembacaan materi berbahasa Arab oleh guru, dengan mentarjamah kata demi kata agar santri mengetahui makna dari kata tersebut, kemudian menjelaskannya dalam satu teks secara utuh untuk memahami konteks kalimat, selanjutnya giliran santri untuk menunjukkan kepada guru sejauh mana materi yang ia pahami dan sebanyak mana kosakata yang ia terima dengan cara maju dan menirukan bacaan guru serta menjelaskannya satu persatu. Dengan adanya kesesuaian antara penerapan metode Qawaid wa at-Tarjamah di lapangan dengan teori yang dituliskan dalam beberapa buku, maka penerapan metode Qawaid wa at-Tarjamah terhadap santri baru asrama K ponpes Ngalah dikatakan sudah berjalan dengan baik sesuai teori yang ada. Atas perhitungan validitas dan regresi data dapat disimpulkan bahwa dengan total F reg sebesar 4,542 dan F tab5% = 3,32, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara X dengan Y, atau ada pengaruh antara metode Qawaid wa at-Tarjamah terhadap penguasaan kosakata santri baru. Dengan taraf signifikan 5% kita berani menggunakan prekdiktor metode Qawaid wa at-Tarjamah untuk memperediksikan Penguasaan kosakata bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 MUA P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorH. Syarifuddin, MA.TESOL, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 28 Nov 2019 12:42
Last Modified: 02 Mar 2022 06:40
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/902

Actions (login required)

View Item View Item