EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS. MIFTAHUL ULUM YAKIN TUTUR PASURUAN

Moch. Afandi, 201586020027 (2019) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS. MIFTAHUL ULUM YAKIN TUTUR PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (bab 1.pdf)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (bab 2.pdf)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3.pdf)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4.pdf)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5.pdf)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (bab 6.pdf)
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka.pdf)
daftar pustaka.pdf

Download (297kB)
[img] Text (lampiran belakang.pdf)
lampiran belakang.pdf

Download (660kB)

Abstract

Berdasarkan oservasi awal, terlihat proses pembelajaran di MTs. Miftahul Ulum Yakin tutur pasuruan masih didominasi oleh kegiatan ceramah yang dilanjutkan dengan latihan soal-soal. Guru berusaha menjelaskan materi pelajaran secara rinci, sementara peserta didik sebagai pendengar dan pencatat. Kegiatan belajar tergeser dari guru ke peserta didik, ketika peserta didik ditugasi mengerjakan soal-soal dan latihan. Seringkali peserta didik tidak tau tentang arti dari mufrodat – mufrodat yang mereka jumpai, bahkan banyak diantara mereka yang lupa dengan mufrodat – mufrodat yang telah mereka kuasai. Hal ini disebabkan karena adanya kebosanan mereka dalam menghafal mufrodat – mufrodat dari materi yang mereka pelajari sehingga pemerolehan mufrodat tidak berjalan dengan maksimal dan cenderung sering dilupakan. Kondisi ini sangat tidak menguntungkan, dan menyedihkan. Peserta didik merasa jenuh, pasif kurang termotivasi dan yang paling fatal adalah tidak tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Dari permasalahan diatas perlu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan penguasaan mufradat siswa. Dalam hal ini peneliti menggunakan media gambar sebagai media pembelajaraanya. Untuk mengetahui hasil dari tujuan tersebut, rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media gambar terhadap peningkatan penguasaan mufrodat? 2. Bagaimana efektifitas penggunaan media gambar terhadap peningkatan penguasaan mufrodat dalam pembelajaran bahasa arab di MTs. Miftahul Ulum Yakin Tutur Pasuruan? Untuk menjawab pertanyaan diatas penelitian ini dirancang dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di MTs. Miftahul Ulum Yakin Tutur Pasuruan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII (delapan) semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 16 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 02–23 Maret 2019. Adapun data penelitian dikumpulkan dengan tehnik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Prestasi belajar siswa MTs. Miftahul Ulum Yakin Tutur Pasuruan sebelum diberikan perlakuan mencapai rata-rata 57,5%, dan Prestasi belajar siswa MTs. Miftahul Ulum Yakin Tutur Pasuruan sesudah diberikan perlakuan mencapai rata-rata 79,06%, Dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa MTs. Miftahul Ulum Yakin Tutur Pasuruan mengalami peningkatan sebesar 21,56% setelah diberikan menggunakan media gambar dalam pembelajaran. Penggunaan media gambar dinilai efektif terhadap peningkatan penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa arab kelas VIII MTs. Miftahul Ulum Yakin Tutur Pasuruan. Hal ini nampak pada ketuntasan belajar siswa yang mencapai 100%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 AFA E
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorH. SYARIFUDDIN, SPd. M.Pd, M.A. Tesol, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 16 Aug 2019 09:10
Last Modified: 10 May 2023 04:13
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/919

Actions (login required)

View Item View Item