تأثير وسيلة العجلة الدوارة في تعليم مهارة الكتابة لطلاب مدرسة "دار التقوى" الدينية الإسلامية سنجون انجونج بورواساري باسوروان

Fiki Wahdatul Ummah, 201586020008 (2019) تأثير وسيلة العجلة الدوارة في تعليم مهارة الكتابة لطلاب مدرسة "دار التقوى" الدينية الإسلامية سنجون انجونج بورواساري باسوروان. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB 1.pdf)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2.pdf)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3.pdf)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4.pdf)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5.pdf)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6.pdf)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text (COVER.pdf)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (701kB)

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa arab terdapat empat keterampilan. Diataranya adalah keterampilan membaca, keterampilan mendengar, keterampilan menulis dan keterampilan berbicara. Dan untuk pembahasan ini, maharah kitabah yang ditekankan pada siswi madrasah diniyah darut taqwa kelas 4 harus di kuasai dengan baik dan benar. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh media roda putar dalam pembelajaran maharah kitabah pada siswa madrasah diniyah kelas 4 dan bagaimana kelemahan dan kelebihan media roda putar pada pembelajaran maharah kitabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media dan tidak menggunakan media roda putar pada siswa madrasah diniyah darut taqwa kelas empat sengonagung purwosari pasuruan. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah eksperimen pretes-postes pada satu sampel (pretest-postes in one group). Sedangkan instrument penelitian yang digunakan untuk penggalian data adalah observasi, dokumentasi dan tes (pretes-postes). Pada tes ini dilakukan selama tiga tahap. Yaitu tahap pertama adalah tes tanpa memakai media roda putar dan tahap kedua perlakuan atau treatment, pemberian media roda putar untuk pembelajaran maharah kitabah pada siswi kelas empat, dan tahap terakhir adalah postes, yaitu tes setelah santri diberi pembelajaran maharah kitabah dengan menggunakan media roda putar. Dari hasil perhitungan akhir T-test penelitianPengaruh Media Roda Putar Dalam Pembelajaran Maharah Kitabah Pada Siswa Madrasah Diniyah Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan dengan menggunakan perhitungan statistic SPSS, menunjukkan nilaisig. (2 tailed) < 0.05, yaitu 0.000, artinya H0tidak diterima. H0 tidak diterimaberarti rata-rata nilai pretes dan postes berbeda atau terdapat hubungan pembelajaran maharah kitabah pada siswi kelas empat sebelum menggunakan media dan setelah menggunakan media roda putar hasilnya terlihat jauh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNur Rokhmatullah. M.Si, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 25 Dec 2019 10:37
Last Modified: 02 Mar 2022 06:41
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/936

Actions (login required)

View Item View Item