PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EDUCATION GAME ULAR TANGGA SEBAGAI ALAT EVALUASI TERHADAP HASIL BELAJAR PAI MATERI IMAN KEPADA MALAIKAT DI SDN KUTOREJO II PANDAAN

Nur Azizatul Faridah, 201586010027 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EDUCATION GAME ULAR TANGGA SEBAGAI ALAT EVALUASI TERHADAP HASIL BELAJAR PAI MATERI IMAN KEPADA MALAIKAT DI SDN KUTOREJO II PANDAAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR RUJUKAN.pdf)
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text (halaman awal.pdf)
halaman awal.pdf

Download (164kB)

Abstract

Kata Kunci: Media Education Game Ular Tangga, Alat Evaluasi, Hasil Belajar Evaluasi merupakan salah satu aspek terpenting dalam pembelajaran. Namun alat evaluasi yang digunakan hanya terpacu pada lembar kerja siswa. Sehingga guru tidak mengetahui secara pasti kemampuan siswa secara individual. Adapun yang menjadi umusan masalah dalam penelitian ini adalah tentang: 1) Penggunaan media education game ular tangga sebagai alat evaluasi pembelajaran PAI materi iman kepada malaikat di SDN Kutorejo II Pandaan; 2) Hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media education game ular tangga sebagai alat evaluasi pembelajaran PAI materi iman kepada malaikat di SDN Kutorejo II Pandaan; 3) Pengaruh penggunaan media education game ular tangga sebagai alat evaluasi terhadap hasil belajar PAI materi iman kepada malaikat di SDN Kutorejo II Pandaan; 4) Kelebihan dan kelemahan media education game ular tangga sebagai alat evaluasi pembelajaran PAI materi iman kepada malaikat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk true eksperimental design dan menggunakan pre-test post-test control group design. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan dalam analisis data yang pertama peneliti lakukan adalah uji normalitas data. Selanjutnya peneliti melakukan uji hipotesis. Dalam uji hipotesis ini peneliti menggunakan rumus t-test untuk dua sampel related untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media education game ular tangga sebagai alat evaluasi terhadap hasil belajar PAI materi iman kepada malaikat di SDN Kutorejo II Pandaan. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: 1) Penggunaan media education game ular tangga sebagai alat evaluasi pembelajaran PAI memiliki konsep yang hampir sama dengan permainan ular tangga pada umumnya. Namun yang membedakan ialah pada permainan ini diselipkan pertanyaan sebagai pendukung dalam proses evaluasi. 2) Berdasarkan hasil uji hipotesis melalui SPSS 17.0 diperoleh nilai signifikansi kelompok eksperimen sebesar 0.000 < 0.05. Hal ini dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media education game ular tangga sebagai alat evaluasi terhadap hasil belajar PAI materi iman kepada malaikat. Sedangkan nilai signifikansi uji hipotesis pada kelompok kontrol sebesar 0.325 > 0.05. Maka dapat dinyatakan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara rata-rata hasil pre-test dan post-test kelompok kontrol. 3) Penggunaan media education game ular tangga sebagai alat evaluasi memiliki beberapa kelebihan yaitu menarik perhatian siswa, merangsang daya pikir siswa untuk mengingat materi yang telah disampaikan, memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk belajar sambil bermain dan membantu guru mengetahui kemampuan siswa secara individu. Sedangkan kekurangan penggunaan media education game ular tangga sebagai alat evaluasi adalah membutuhkan banyak waktu dalam penggunaannya karena ada beberapa siswa yang masih belum mengerti aturan main dari media ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 FAR P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAchmat Mubarok, S.PdI., M.Pd, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 09 Aug 2019 09:29
Last Modified: 02 Mar 2022 06:42
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/989

Actions (login required)

View Item View Item