Weni Widiya Wanti, 201586010001 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA JAM HIJAIYAH TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR'AN HADIS DALAM MATERI MENGENAL HURUF HIJAIYAH DI MI MAARIF NU NOGOSARI PANDAAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB 1.pdf)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2.pdf)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3.pdf)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4.pdf)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5.pdf)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6.pdf)
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) | Request a copy |
|
Text (Cover depanq P.pdf)
Cover depanq P.pdf Download (151kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA 2 P.pdf)
DAFTAR PUSTAKA 2 P.pdf Download (146kB) |
Abstract
kata kunci: Media Jam Hijaiyah, Hasil Belajar Dunia pendidikan dewasa ini memasuki era dunia media, dimana kegiatan pembelajaran menuntut dikuranginya metode ceramah, dan diganti dengan penggunaan media. terutama pada pembelajaran saat ini menekankan pembelajaran yang aktif, maka kiranya penggunaan media menjadi semakin penting, dalam kaitannya dengan fungsi media pembelajaran salah satunya yaitu meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) tentang penggunaan media jam hijaiyah pada mata pelajaran al-Qur'an hadis dalam materi mengenal huruf hijaiyah di MI Maarif NU Nogosari Pandaan, (3) tentang pengaruh penggunaan media jam hijaiyah terhadap hasil belajar al-Qur'an hadis dalam materi mengenal huruf hijaiyah di MI Maarif NU Nogosari Pandaan(,4) tentang kelemahan dan kelebihan media jam hijaiyah yang diterapkan pada mata pelajaran al-Qur'an hadis dalam materi mengenal huruf hijaiyah di MI Maarif NU Nogosari Pandaan Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan pola one group pretest posttest design, pengumpulan data dilakukan berdasarkan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji normalitas untuk menguji data berdistribusi normal atau tidak dan dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan rumus paired sample t-test yang digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media jam hijaiyah terhadap hasil belajar siswa Penggunaan media jam hijaiyah terdapat beberapa tahapan diantaranya: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penutup, penggunaan media jam hijaiyah mempengaruhi hasil belajar dalam materi mengenal huruf hijaiyah, hal tersebut berdasarkan analisis data diperoleh nilai signifikansi 0,004 < 0,05, dengan nilai signifikansi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media jam hijaiyah terhadap hasil belajar al-Qur'an hadis dalam materi mengenal huruf hijaiyah di MI Maarif Nu Nogosari Pandaan. Adapun kelebihan penggunaan media jam hijaiyah dantaranya: Siswa lebih antusias, aktif, interaktif dan semangat mengikuti pembelajaran, Suasana kelas menyenangkan. Dan kelemahan penggunaan media jam hijaiyah dantaranya: teriakan dan tepuk tangan siswa dalam menanggapi masalah mengganggu konsentrasi siswa lain, membuat siswa tidak disiplin karena siswa tidak sabar bergantian dengan temannya untuk menggunakan media jam hijaiyah
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.36 WAN P | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Agama > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2019 09:15 | ||||||
Last Modified: | 03 Jul 2023 01:36 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/990 |
Actions (login required)
View Item |