EFEKTIVITAS METODE LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA SUGRO TUTUR

Sunyoto, 201586020019 (2019) EFEKTIVITAS METODE LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA SUGRO TUTUR. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (bab 1.pdf)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (bab 2.pdf)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3.pdf)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4.pdf)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5.pdf)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (cover.pdf)
cover.pdf

Download (78kB)
[img] Text (Lampiran belakang.pdf)
Lampiran belakang.pdf

Download (338kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Langsung, Peningkatan, Kemampuan Berbicara. Berdasarkan observasi awal, Proses pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Sugro Andonosari Tutur masih menggunakan metode ceramah dan dilanjutkan dengan pemberian tugas. Guru berusaha menerangkan materi pelajaran secara rinci dan para siswa bertugas untuk mendengarkan dan mencatat. Siswa terlihat jenuh, pasif, kurang termotifasi, terlebih lagi siswa tidak dapat mengungkapkan jawabannya ketika guru memberikan pertanyaan secara lisan dengan menggunakan bahasa Arab. Dari permasalahan diatas perlu dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih berperan aktif pada saat kegiatan pembelajaran seperti metode langsung. Peneliti mengunakan metode langsung untuk meningkatkan keterampilan berbicara di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Sugro Andonosari Tutur. Untuk mengetahui keefektifan tersebut, rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Bagaimanakah penerapan metode langsung dalam pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Ibtitidaiyah Nurul Huda Sugro Andonosari Tutur? 2. Bagaimana efektivitas metode langsung dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa Kelas V Madrasah Ibtitidaiyah Nurul Huda Sugro Tutur? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Sugro Andonosari Tutur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V (lima) semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 13 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 05–26 Maret 2019. Adapun data penelitian dikumpulkan dengan tehnik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode langsung efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan berbicara (maharah al-kalam) di kelas V Madrasah Ibtitidaiyah Nurul Huda Sugro Tutur. Hal ini dibuktikan dari hasil prestasi belajar siswa siswa kelas V Madrasah Ibtitidaiyah Nurul Huda Sugro Tutur mengalami peningkatan sebesar 16,92%. Setelah menggunakan metode langsung. Selain itu siswa yang tadinya tidak dapat mengungkapkan jawabannya ketika guru memberikan pertanyaan secara lisan dengan menggunakan bahasa Arab setelah menggunakan metode langsung siswa menjadi mampu menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan peneliti dengan berbahasa Arab dan mampu menyebutkan kosakata atau kalimat pendek dari kosakata yang mereka kuasai meskipun hanya sebatas kosakata yang ada dalam materi atau benda-benda yang ada di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 SUN E
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMochamad Hasyim S.Pd.I., M.Pd.I., ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 23 Nov 2019 08:32
Last Modified: 02 Mar 2022 06:42
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/991

Actions (login required)

View Item View Item