Pengaruh Penggunaan Imla' Ikhtibary Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X IPA MA. Nurul Hidayah Lecari Sukorejo

M. Noval Murtadlo, 201586020030 (2019) Pengaruh Penggunaan Imla' Ikhtibary Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X IPA MA. Nurul Hidayah Lecari Sukorejo. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB 1.pdf)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2.pdf)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3.pdf)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4.pdf)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5.pdf)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6.pdf)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (COVER.pdf)
COVER.pdf

Download (530kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)

Abstract

Maharah Kitabah (kemampuan menulis) adalah termasuk salah satu dari empat kemampuan bahasa. dalam menguasai keempat maharah (kemampuan) dibutuhkan suatu cara atau metode pembelajaran yang sifatnya tidak monoton sehingga mampu mengubah suasana kelas menjadi ceria. Sedangkan Imla Ikhtibary adalah suatu bagian dari pembelajaran maharah kitabah, yang mana pembelajaran ini menggunakan suatu metode dikte tanpa ada suatu teks, dan bermodal mendengarkan dari suatu audio atau dari ucapan seorang guru, yang kemudian ditulis oleh siswa kedalam lembar kerja siswa atau buku. Penggunaan Imla' Ikhtibary ini bertujuan agar siswa mampu menguasai kemampuan menulis. Dan penggunaan Imla' Ikhtibary lebih tepat digunakan untuk siswa yang sudah berada dijenjang SLTA atau diatasnya, karena didalam Imla' sendiri terbagi menjadi tiga bagian (1) Imla Manqul (2) Imla' Mandhur, dan keduanya ini adalah dikte yang masih mengedepankan teks tertulis, dan yang ke- (3) Imla Ikhtibary, dan dari ketiga macam-macam imla', hanya imla' Ikhtibary yang menggunakan tanpa teks, yang hanya bermodal pendengaran saja. Rumusan masalah yang akan dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimanakah pengaruh penggunaan imla' ikhtibary terhadap motivasi belajar bahasa arab siswa di MA. Nurul Hidayah ?. Berdasarkan rumusan masalah diatas, penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah semua kelas MA. Nurul Hidayah yang berjumlah 142 siswa-siswi dan sampelnya menggunakan memakai teknik statistic purposive sampling yang mengambil 18% dari 142 siswa-siswi yang ada yaitu kelas X IPA MA. Nurul Hidayah yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis datanya menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain: (1) Penggunaan imla' ikhtibary dalam pembelajaran bahasa arab di kelas X IPA MA. Nurul Hidayah Lecari mempunyai langkah-langkah Untuk tahap persiapan, peneliti membuat audio recorder yang berisi hiwar bahasa arab. Selain audio recorder, peneliti juga membuat teks hiwar bahasa arab yang terpotong-potong. Siswa mendengarkan hiwar yang dibunyikan melalui sound atau pemutar mp3. Siswa mengisi teks yang hilang atau terpotong sesuai dengan kalimat yang mereka dengarkan dalam audio recorder. (2) Motivasi belajar bahasa arab siswa di MA. Nurul Hidayah Lecari didapatkan berdasarkan hasil jawaban angket yang telah disebarkan oleh peneliti kepada responden banyak yang senang dan termotivasi dengan pembelajaran bahasa arab menggunakan imla' ikhtibary. (3) Pengaruh penggunaan Imla' Ikhtibary terhadap motivasi belajar bahasa arab siswa adalah sangat rendah. Hal ini dapat dibutikan setelah diadakan uji korelasi antara variabel X (Imla' Ikhibary) dan variabel Y (motivasi belajar bahasa arab siswa) dengan nilai 0,167. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwasannya hubungan antara variabel X dan variabel Y sangat rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 MUR P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDrs. Syaifullah, M.Pd, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 17 Oct 2019 13:36
Last Modified: 02 Mar 2022 06:43
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1018

Actions (login required)

View Item View Item