Nengsa Fitriyah, 201586020011 (2019) PENERAPAN STRATEGI POSTER COMMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SANTRI KELAS VI MADRASAH DINIYAH ROUDLOTUL ULUM KEBOIRENG GEMPOL. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (awalan dan cover.pdf)
awalan dan cover.pdf Download (341kB) |
|
Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf Download (265kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (77kB) |
Abstract
Mata pelajaran Bahasa Arab adalah salah satu dari mata pelajaran yang diajarkan di madrasah diniyah. Permasalah yang terjadi, saat ini masih ada madrasah diniyah yang pembelajarannya cenderung hanya didominasi dengan metode ceramah, sehingga hasil belajar yang didapatkan tidak maksimal. Rasulullah S.A.W sebagai suri tauladan utama bagi manusia telah mempraktikkan berbagai macam metode atau strategi dakwah/ pengajaran yang bervariasi. Salah satu diantara metode yang digunakan beliau yaitu menggunakan gambar dalam berdakwah. Penerapan strategi poster comment pada awalnya mempunyai tujuan untuk mengetetahui proses pembelajaran dan hasil belajar sebelum di terapkannya strategi ini. Selanjutnya, penerapan strategi poster comment adalah dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar santri. Pendekatan penelitian ini adalah deskripsif kualitatif, dan jenis penelitainnya yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini, peneliti menjadi guru dan sebagai pengamat. Pelaksanaan penelitian selama 2 siklus dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas. Dimulai dari 1. Plan (rencana), 2. Acting (tindakan) dan observing (pengamatan), serta, 3. Reflection (refleksi). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, pengukuran tes hasil belajar dan dokumentasi. Proses pembelajaran Bahasa Arab di kelas VI dengan metode ceramah, dan hanya sedikit menggunakan variasi metode yang lain menimbulkan masalah dianta ya: santri bosan dan mengantuk. Hasil belajar sebelum diterapkannya PTK ini juga masih belum memuaskan, aritnya masih banyak santri yang memperoleh nilai dibawah nilai kreteria ketuntasan minimal. Penerapan strategi poster comment dilakukan dengan cara santri berkomentar secara bergiliran terhadap gambar yang berkaitan dengan materi Bahasa Arab. Implikasi Penerapan PTK dari siklus pertama ke siklus kedua yaitu santri terlihat lebih antusias dan aktif di dalam pembelajaran, hasil belajar santri mengalami peningkatan yang signifikan. Selain meningkatnya hasil belajar, stretegi ini menjadikan santri untuk aktif di dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.36 FIT P | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Date Deposited: | 04 Sep 2019 09:57 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:44 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1031 |
Actions (login required)
View Item |