Lutfiyatul Husna, 201586010076 (2019) IMPLEMENTASI METODE GERAK DAN LAGU UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB DAN INGGRIS : (Studi Kasus Di Taman Kanak-Kanak Pesantren Anak Sholeh Al-Ihlas Capang). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf Download (481kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
|
Text (COVER.pdf)
COVER.pdf Download (817kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
Abstract
Metode gerak dan lagu adalah cara yang dilakukan guru untuk menyampaikan materi pelajaran Bahasa Arab dan Inggris dengan be yanyi dan bergerak sesuai dengan gaya kosakata yang disebutkan dalam lirik. Gerak dan lagu berperan penting bagi perkembangan anak, karena dengan be yanyi dan bergerak yang dikemas dalam permainan Tepuk (Bahasa Arab dan Inggris) membuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan. Anak mengikuti pembelajaran dengan aktif dan semangat serta membuatnya lebih kreatif, karena ia dapat mengekspresikan permainan tersebut dengan caranya sendiri. Hal ini sesuai dengan prinsip pembelajaran PAUD yaitu belajar sambil bermain. Melalui permainan yang dirancang guru dalam pembelajaran bertujuan untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki anak, seperti nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional dan seni. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah mengenai metode gerak dan lagu untuk meningkatkan kosakata Bahasa Arab dan Inggris serta implementasinya di Taman Kanak-kanak Pesantren Anak Sholeh Al-Ihlas. Metode gerak dan lagu diimplementasikan melalui Tepuk Hewan dalam Bahasa Inggris dan Tepuk Kendaraan dalam Bahasa Arab. Tepuk ini bisa disebut ice breaking, karena dalam prosesnya dilakukan dengan cara be yanyi dan bergerak yang menyenangkan bagi anak. Maka tidak ada batasan waktu dalam implementasinya. Pendekatan yang digunakan kualitatif dan jenis dalam penelitian ini adalah studi kasus. Prosedur dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik dalam pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan kehadiran peneliti dilapangan, observasi dan triangulasi di TK Pesantren Anak Sholeh Al-Ihlas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kosakata Bahasa Arab dan Inggris yang signifikan. Pada observasi yang dilakukan di awal jumlah anak yang menguasai kosakata nama-nama hewan dalam Bahasa Inggris dengan sangat baik (BSB) hanya ada 1 (8,3%), setelah penelitian yang dilakukan pada hari Kamis, 9 Mei 2019 menggunakan metode gerak dan lagu meningkat menjadi 4 (33,3%), proses penelitian berikutnya Selasa, 14 Mei 2019 meningkat lagi menjadi 10 (83,3%) dari 12 anak. Begitu juga dengan kosakata nama-nama kendaraan dalam Bahasa Arab pada observasi awal yang menguasai dengan sangat baik (BSB) berjumlah 2 anak (16,7%), penelitian pada hari Jumat, 10 Mei 2019 meningkat menjadi 4 (33,3%) dan pada hari Rabu, 15 Mei 2019 kembali meningkat menjadi 9 (75%) dari 12 anak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.36 HUS I | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 01 Oct 2019 09:45 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:44 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1037 |
Actions (login required)
View Item |