PEMBENTUKAN DESTINATION BRANDING JUMPINANG RIVER TUBING SUMBERREJO SEBAGAI POTENSI WISATA LOKAL KABUPATEN PASURUAN

Ninis Kumalasari, 201569090028 (2019) PEMBENTUKAN DESTINATION BRANDING JUMPINANG RIVER TUBING SUMBERREJO SEBAGAI POTENSI WISATA LOKAL KABUPATEN PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (196kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (Cover.pdf)
Cover.pdf

Download (669kB)
[img] Text (DaPus.pdf)
DaPus.pdf

Download (98kB)
[img] Text (Lampiran.pdf)
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ninis Kumalasari, IKom Pasuruan, 31 Juli 2019. Pembentukan Destination Branding Jumpinang River Tubing Sumberrejo Sebagai Potensi Wisata Lokal Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Pembimbing Siti Muyasaroh, S. Sos.,M.I.Kom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembentukan Destination Branding yang dilakukan oleh Jumpinang River Tubing Sumberrejo sebagai potensi wisata lokal di Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Jumpinang River Tubing Sumberrejo, Dusun Manggihan Desa Sumberrejo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Data primer dikumpulkan dengan melalui wawancara dan dokumentasi. Sementara data sekunder didapatkan melalui kajian pustaka yaitu berupa situs website Jumpinang River Tubing Sumberrejo yang memiliki relevansi yang kuat dengan objek penelitian, dokumentasi Jumpinang River Tubing Sumberrejo, serta dokumen berupa file yang di dapat dari Kantor Balai Desa Sumberrejo mengenai Profil dan Letak Geografis Desa Sumberrejo Kabupaten Pasuruan. Pembentukan Destination Branding Jumpinang River Tubing Sumberrejo yang dijalankan oleh Masyarakat Dusun Manggihan – Sumberrejo, Pemuda Karang Taruna Dusun Manggihan dan Pengelola wisata Jumpinang River Tubing Sumberrejo merupakan upaya untuk memperkenalkan potensi desa dan kekayaan alam Desa Sumberrejo kepada Masyarakat luas dan pengunjung wisatawan lokal, luar kota, maupun mancanegara. Wisata dibangun dan dikembangkan dengan harapan dapat memperbaiki perekonomian masyarakat Desa Sumberrejo dan memperbaiki pemberdayaan sosial masyarakat Desa Sumberrejo. Selain itu, wisata dibangun dan dikembangkan untuk dijadikan salah satu tujuan destinasi wisata. Sebagai potensi wisata lokal yang berada di Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Wisata Jumpinang River Tubing Sumberrejo berdiri pada tahun 2018.Peresmian tempat wisata dihadiri oleh Bupati Pasuruan yaitu Irsyad Yusuf, S.E, M.Ma (di wakilkan) dan DPRD Kabupaten Pasuruan yaitu Ruslan, S.E pada 11 November 2018. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembentukan Destination Branding Jumpinang River Tubing Sumberrejo terdapat 5 tahapan bauran. Tahapan bauran yang pertama (1) Pemetaan potensi pasar Jumpinang River Tubing Sumberrejo yakni dengan memanfaatkan potensi alam yang ada kemudian dibangun menjadi salah satu destinasi wisata sesuai kebutuhan manusia saat ini untuk meningkatkan perekonomian Dusun Manggihan Desa Sumberrejo. Tahapan bauran yang kedua (2) Image positive yang dimiliki Desa Sumberrejo adalah sebuah kebudayaan yang masih tertanam kental. Budaya turun temurun Masyarakat Dusun Manggihan Desa Sumberrejo adalah kegiatan mandi disungai. Mata air sungai Jumpinang berasal dari lereng Pegunungan Arjuno Welirang. Air yang dihasilkan sangat je ih dan tidak pe ah kekeringan meskipun terjadi kemarau panjang. Potensi sungai dikembangkansebagai potensi wisata di Kabupaten Pasuruan. Tahapan bauran yang ketiga (3) Wisata Jumpinang River Tubing Sumberrejo mengkomunikasikan brandnya melalui berbagai media diantaranya, advertising, Website, Instagram, Facebook, Youtube dan Jou alist per-televisian. Tahapan bauran yang ke-empat (4) Jumpinang River Tubing Sumberrejo mengintegrasikan seluruh Pengurus / Pengelola wisata, Masyarakat Dusun Manggihan Desa Sumberrejo, Pemuda Karang Taruna maupun Pegawai Karyawan, semua bekerjasama dan ikut andil dalam pembentukan brand. Tahapan bauran yang kelima (5) Wisata Jumpinang River Sumberrejo melakukan kegiatan monitoring setiap satu bulan sekali. Monitoring dilakukan untuk membahas mengenai penyimpangan atau kesalahan-kesalahan yang terjadi ditempat wisata. Hasil monitoring kemudian dievaluasi dan direview untuk perbaikan jangka panjang kedepannya pada tempat wisata Jumpinang River Tubing Sumberrejo. Usaha dilakukan pihak pengelola wisata untuk mempermudah pembentukan Destination Branding Jumpinang River Tubing Sumberrejo sebagai potensi wisata lokal Kabupaten Pasuruan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 910.2 KUM P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSiti Muyasaroh, S.Sos. M.I.Kom, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Karya Umum > Kumpulan Karya Umum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Date Deposited: 17 Dec 2019 15:44
Last Modified: 20 Nov 2023 02:31
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1049

Actions (login required)

View Item View Item