Mochammad Rif'at Nur Zaky, 201686010074P (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 1 WONOREJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
![]() |
Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
![]() |
Text (COVER.pdf)
COVER.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran adalah kegiatan atau proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan murid. Dalam pembelajaran terdapat berbagai ragam teori tentang model pembelajaran. Tidak ada teori model pembelajaran baku yang bisa digunakan dalam semua kegiatan pembelajaran. Teori tersebut bisa dikatakan cocok atau tidak, tergantung dari bagaimana kita bisa menyesuaikan teori tersebut dengan kondisi atau situasi saat pembelajaran berlangsung. Setelah peneliti terjun ke lapangan, peneliti menemukan bahwa di kelas X dan XI Akuntasi SMK Negeri 1 Wonorejo menerapkan model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and lea ing). Singkatnya, model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and lea ing) adalah sebuah model yang mengaitkan antara teori yang ada pada materi pelajaran dengan realitas kehidupan yang ada. Peneliti tertarik dengan penerapan model tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan tipe penelitiannya adalah studi kasus. Data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan dengan teknik (1) wawancara mendalam, (2) observasi partisipan dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan melalui tiga tahap yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data temuan dilakukan dengan kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), ketergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability). Dari hasil penelitian ini menyimpulkan: (1) Perencanaan, adalah penyusunan langkah-langkah yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dalam perencanaan ini, terdapat lima poin penting yang menjadi analisis peneliti, yaitu: (1) situasi dan kondisi siswa, (2) sarana dan prasarana, (3) rencana pelaksanaan pembelajaran, (4) model pembelajaran dan (alokasi waktu), (2) Pelaksanaan, adalah serangkaian kegiatan pembelajaran oleh guru dan murid, baik itu mulai dari awal masuk ke dalam kelas (implementasi model CTL) sampai penilaian guru terhadap siswa (evaluasi) dan (3) Kendala/hambatan. Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran dengan mode pembelajaran kontekstual adalah siswa itu sendiri, kemudian masalah alokasi waktu serta siswa yang tidak mempunyai buku lembar kerja siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.36 ZAK I | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan Agama | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Date Deposited: | 16 Dec 2019 10:00 | |||||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:44 | |||||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1067 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |