RELEVANSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAREKAT NAQSYABANDIYAH MUJADDADIYAH KHALIDIYAH DENGAN NILAI-NILAI PANCASILA (Perspektif KH. M. Sholeh Bahruddin Kalam)

Lailiyatul Ikromiyah, 201586010086 (2019) RELEVANSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAREKAT NAQSYABANDIYAH MUJADDADIYAH KHALIDIYAH DENGAN NILAI-NILAI PANCASILA (Perspektif KH. M. Sholeh Bahruddin Kalam). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (Cover.pdf)
Cover.pdf

Download (310kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)

Abstract

Pembentukan manusia Pancasila sebagai manusia pembangunan yang tinggi kualitasnya dan mampu mandiri merupakan salah satu usaha pelaksanaan pembangunan nasional dan pengamalan Pancasila di bidang Pendidikan. Tasawuf merupakan pengejawantahan lebih lanjut daripada Ihsan, salah satu dari ketiga serangkai ajaran agama, yaitu Iman, Islam, dan Ihsan. Pendidikan tasawuf berkembang dalam Tarekat untuk membentengi hati manusia dari godaan setan yang membuat hati dan kehidupannya tidak nyaman terutama ketenangan batinnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara empiris mengenai relevansi nilai-nilai Pendidikan Tarekat Naqsyabandiyah Mujaddadiyah Khalidiyah dengan nilai-nilai Pancasila yang diangkat dalam perspeksi KH. M. Sholeh Bahruddin Kalam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis, peneliti menggunakan teknik analis diskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau wawancara secara lisan dari orang yang yang menjadi subjek penelitian tersebut serta kegiatan yang di amati, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh. Dalam penelitian ini peneliti memperoleh relevansi terkait dengan nilai-nilai Pendidikan Tarekat Naqsyabandiyah Mujaddadiyah Khalidiyah yang sesuai dengan pengamalannya yakni memuat nilai religious sosial, kerja keras, toleransi, disiplin, jujur, komunikatif, demokratis, tanggungjawab, semangat kebangsaan, dan cinta tanah air. Pendidikan Tarekat Naqsyabandiyah Mujaddadiyah Khalidiyah ini berorientasi pada nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan. Bentuk implementasi dari nilai-nilai Pendidikan Tarekat Naqsyabandiyah Mujaddadiyah Khalidiyah oleh KH. M. Sholeh Bahruddin Kalam antara lain: dalam bidang ritual yakni, Baiat (Talqin), Manjing Suluk, Khususiyah (Selosoan), Dan Tawajjuhan, bidang sosial yakni, mendirikan Universitas Yudharta Pasuruan sebagai “Kampus Multikultural� ditengah lingkungan Pondok Pesantren Ngalah, menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, bersikap toleransi dengan menjalin hubungan baik dengan umat agama lain (non-muslim), dan ikut andil dalam berbagai forum kebangsaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 297.41 IKR R
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. H. Saifulah. MHI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 11 Oct 2019 07:25
Last Modified: 02 Mar 2022 06:44
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1069

Actions (login required)

View Item View Item