NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KARAKTER TOKOH PEWAYANGAN SEMAR

M. Nur Zuhri Fauzi, 201586010015 (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KARAKTER TOKOH PEWAYANGAN SEMAR. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB 1.pdf)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2.pdf)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3.pdf)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4.pdf)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5.pdf)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6.pdf)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (COVER & KATA PENGANTAR.pdf)
COVER & KATA PENGANTAR.pdf

Download (846kB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Bangsa Indonesia merupakan bangsa dengan beraneka ragam budaya,mulai dari seni, adat istiadat, mitos, cerita rakyat, hasil kerajinan tangan, bangunan tempat tinggal dan tempat ibadah, pakaian, dan hiburan masyarakat pada zaman dahulu. Sebut saja wayang, wayang merupakan hasil budaya yang harus dilestarikan karena banyak mengandung makna mendalam tentang hubungan sosial dalam kehidupan. Wayang bukan sekedar karya seni yang dipengaruhi oleh agama Islam, yang diselipkan ke dalamnya nilai-nilai keIslaman, akan tetapi wayang merupakan suatu karya seni, hiburan, dan media dakwah. Oleh karenanya penulis rasa relevan jika wayang disebut karya seni lintas agama dan kebudayaan, karena bukan hanya agama Islam yang mempengaruhi pada wayang akan tetapi agama-agama sebelumnya juga memberi pengaruh pada wayang. Hal ini merupakan faktor utama yang mengharuskan seni wayang wajib dilestarikan. Alasan kedua penulis kemukakan mengapa wayang perlu dilestarikan karena wayang merupakan karya seni asli Indonesia bukan serapan dari negara-negara tetangga. Adapun fokus penelitian ini adalah 1) bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam pada karakter tokoh pewayang Semar 2) apa relevansi nilai-nilai pendidikan Islam pada karakter tokoh pewayang Semar Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka atau library research. Maka dalam pengumpulan data menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan mengadakan studi penelaah terhadap buku-buku, literatur-literatur, catatan-catatan, dan laporan-laporan yang ada hubungannya dengan masalah yang dipecahkan. Sedangkan untuk analisisnya mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke unit-unit, melakukan sintesa, menyusun kedalam pola, memillih manayang penting dan yang akan dipelajari, dan membuat kesimpulan. Wayang Semar memiliki karakter yang sesuai dengan nilai nilai pendidikan yaitu nilai ilahiyah dan nilai insaniyah. Nilai ilahiyah terdiri dari iman, Islam, ihsan, taqwa, ikhlas, tawakkal, syukur, sabar. Sedangkan Nilai Insaniyah terdiri dari silat ar-rahim, al ukhuwah, al Musawah, al ‘Adalah, husnu al Dzan, at Tawadhu', al Wafa, insyirah, al Amanah, iffah atau Ta'affuf, Qowamiyah, al Munafiqun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 297.77 FAU N
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsrul Anan, S.Ag., M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 09 Aug 2019 09:33
Last Modified: 02 Mar 2022 06:45
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1075

Actions (login required)

View Item View Item