MEMBENTUK KARAKTER RELIGI MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR KEMALA BHAYANGKARI 10 PORONG SIDOARJO)

Aisyah Muzakky Abidah, 201586010051 (2019) MEMBENTUK KARAKTER RELIGI MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR KEMALA BHAYANGKARI 10 PORONG SIDOARJO). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (bab 1.pdf)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text (bab 2.pdf)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3.pdf)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4.pdf)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5.pdf)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (bab 6.pdf)
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (cover-lembar pengesahan.pdf)
cover-lembar pengesahan.pdf

Download (691kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)

Abstract

Pendidikan agama Islam merupakan usaha dalam membimbing siswa kearah yang lebih baik dan memiliki karakter. Dalam pendidikan agama Islam pendidik lebih menekankan pendidikan karakter yang lebih dikhususkan lagi pada nilai karakter religi, dalam pembelajaran agama Islam banyak penanaman nilai karakter religi siswa untuk member pondasi agama yang kuat buat bekal di masa mendatang siswa. Adapun rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: Bagaimana implementasi membentuk karakter religi melalui Pendidikan Agama Islam di SD Kemala Bhayangkari 10 Porong Sidoarjo? Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi membentuk karakter religi melalui Pendidikan Agama Islam di SD Kemala Bhayangkari 10 Porong Sidoarjo? Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penilitiannya yaitu study research (studi kasus). Tehnikpengumpulan data dengan menggunakan tahap observasi, wawancara, dokumentasi. Lokasi penelitian di SD Kemala Bhayangkari 10 Porong Sidoarjo. Sumber data diperoleh dari bapak Arif Sumardi selaku kepala sekolah dan ibu Ifatul Umaroh selaku guru PAI Berdasarkan hasil analisis membuktikan bahwa dalam implementasinya ada 2 macam yaitu: pembentukan karakter dalam sekolah, seperti sholat dhuhah berjamaah, hafalan surat-surat pendek dll. Pembentukan karakter diluar kelas, seperti adanya buku kontol siswa dan bagi kelas enam ada kegiatan sholat malam dengan bantuan dukungan dari orang tua lewat handphone masing-masing. Faktor pendukungnya yaitu dengan adanya fasilitas yang lengkap dan dukungan dari orang tua, sedangkan faktor penghambatnya yaitu waktu pembelajaran yang sangat terbatas dan faktor lingkungan yang kurang mendukung sehingga menjadikan anak tidak ada perubahan menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 297.77 ABI M
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhammad Ma'ruf S.PdI.,M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 19 Nov 2019 15:46
Last Modified: 02 Mar 2022 06:45
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1076

Actions (login required)

View Item View Item