Strategi Pemasaran Kubis Di kabupaten Jember (Studi Kasus di Kecamatan wuluhan)

Muhammad Khoirul Anam, 201569070004 (2019) Strategi Pemasaran Kubis Di kabupaten Jember (Studi Kasus di Kecamatan wuluhan). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (cover dan halaman romawi.pdf)
cover dan halaman romawi.pdf

Download (990kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
LAMPIRAN.pdf

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi faktor INTERNAL yang menjadi (kekuatan dan kelemahan) dan faktor ekste al yang menjadi (peluang dan ancaman) dalam pemasaran kubis di dusun krajan, menganalisa strategi pemasaran yang mempengaruhi pemasaran kubis di dusun krajan. Metode dasar penelitian ini menggunakan deskriptif analitis. Metode penelitian dilakukan secara purposive (sengaja) yaitu Dusun Krajan, Desa Ampel, Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah 1) Analisis Matrik IFE dan EFE, matrik IFE digunakan untuk mengindetifikasi faktor-faktor lingkungan INTERNAL dan menggolongkannya menjadi kekuatan dan kelemahan melalui pembobotan, sedangkan matrik EFE digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan ekste al dan menggolongkannya menjadi peluang dan ancaman melalui pembobotan. 2) Analisis Matrik IE digunakan untuk melihat strategi yang tepat untuk diterapkan. 3) Matrik SWOT digunakan untuk menyusun strategi pemasaran kubis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor INTERNAL yang menjadi kekuatan pemasran kubis Dusun Krajan, Desa Ampel, Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember adalah potensi SDA yang dimiliki, kubis panen langsung disawah, memiliki WARNA hijau muda, pelayanan ke konsumen sudah baik, kepedulian masyarakat yang masih tinggi dan peningkatan pendapatan. faktor-faktor yang menjadi kelemahan pemasran kubis Dusun Krajan, Desa Ampel, Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember adalah panen langsung diambil pengepul/pemborong, SDM masih rendah dan pencatatan keuangan yang masih belum rapi. faktor-faktor yang menjadi peluang pemasran kubis Dusun Krajan, Desa Ampel, Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember adalah keinginan pemerintah dalam memajukan petani kubis, adanya minat konsumen cukup tinggi, daerah pemasaran kubis yang sangat luas. faktor-faktor yang menjadi ancaman pemasaran kubis adalah pendapatan masyarakat yang tidak menentu, banyak permainan harga pasar, pemerintah kurang perhatian dalam mengembangkan kubis dan cuaca kurang bersahabat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 658.81 ANA S
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTaguh Sarwo Aji, SP., MMA, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Teknologi & Ilmu Terapan > Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Date Deposited: 11 Oct 2019 08:02
Last Modified: 02 Mar 2022 06:45
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1097

Actions (login required)

View Item View Item