Laillatun Nisfia, 201586010033 (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEOSCRIBE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN GAJAHREJO I PURWODADI. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf Download (300kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
|
Text (cover.pdf)
cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil dan motivasi belajar peserta didik karena sebagian besar guru mengajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan media Videoscribe untuk mengetahui pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimanakah efektivitas penggunaan media Vidioscribe untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN Gajahrejo 01? (2) Bagaimanakah efektivitas penggunaan media Vidioscribe untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN Gajahrejo 01? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa SDN Gajahrejo 01 yang berjumlah 92 siswa. Sampel yang diambil adalah siswa kelas V yang berjumlah 16 siswa. Analisis yang digunakan adalah analisa statistic. Dengan menggunakan pengujian hipotesis adalah uji – t berpasangan (Paired t - test). Pendekatan metode analisis paired t – test digunakan untuk mendiskripsikan efektifitas penggunaan media VideoScribe terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. sedangkan angket motivasi digunakan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan media Videoscribe terhadap motivasi siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan pada paired t – test diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara hasil pre-test sebelum diberi perlakuan dan post-test setelah diberi perlakuan. Jadi H� diterima dan H₀ di tolak yaitu adanya efektivitas penggunaan media VideoScribe terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SDN Gajahrejo 01 Purwodadi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.36 NIS E | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan Agama | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2019 07:38 | |||||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:45 | |||||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1108 |
Actions (login required)
View Item |