IMPLEMENTASI METODE IMLA' DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KALIGRAFI UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH AL KITABAH PADA SISWA KELAS VIII MTS. ROUDLOTUL ISLAM WONOSARI GONDANGWETAN PASURUAN

Muhamad Sukronudin, 201586020026 (2019) IMPLEMENTASI METODE IMLA' DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KALIGRAFI UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH AL KITABAH PADA SISWA KELAS VIII MTS. ROUDLOTUL ISLAM WONOSARI GONDANGWETAN PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB 1.pdf)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2.pdf)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3.pdf)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4.pdf)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5.pdf)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6.pdf)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN.pdf)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (176kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian skripsi yang bertujuan menerapkan metode imla' dengan menggunakan media kaligrafi dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan maharah al-kitabah pada siswa. Penelitian ini bersifat kualitatif yang mengambil lokasi di MTs. Roudlotul Ulum Wonosari Gondangwetan Pasuruan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kelas VIII MTs., dimana kemampuan menulis merupakan aspek yang sangat penting yang harus dikuasai siswa, namun dalam kenyataan mereka mengalami kesulitan dalam menulis, terutama ketika didekte. Sebagian besar dari mereka masih salah dalam penulisan huruf Arab karena tidak sesuai dengan kaidah-kaidahnya. Metode imla' dengan menggunakan media kaligrafi yang diimplementasikan pada mata pelajaran bahasa Arab ini pada dasa ya sudah berjalan dengan baik, meskipun masih memerlukan penyempu aan karena terdapat beberapa hambatan yang dihadapi siswa, hal ini disebabkan karena siswa tidak terbiasa menulis Arab secara baik dan benar, dan kesulitan dalam menerapkan imla' dengan menggunakan alat tulis kaligrafi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) siswa kelas VIII MTs. Roudlotul Islam Wonosari mengalami kesalahan dalam penerapan metode imla' manqul, adapun bentuk-bentuk kesalahan diantaranya ialah salah dalam cara menulis alphabet dan merangkai huruf. (2) untuk mengatasi kesalahan tersebut, peneliti menerapkan metode imla' dengan menggunakan media kaligrafi agar bagus dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan Arab. (3) Penerapan metode imla' dengan media kaligrafi berhasil mengatasi kesulitan siswa, hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan hasil tes sebelum dan sesudahnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 SUK I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisormiftachul Taubah, S.PdI, M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 14 Aug 2019 12:49
Last Modified: 02 Mar 2022 06:46
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1115

Actions (login required)

View Item View Item