Fityatul Amelia, 201586010057 (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BTQ DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BACA TULIS AL-QUR'AN DI SDN PANDAAN I. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB 1.pdf)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) | Request a copy |
|
Text (Cover.pdf)
Cover.pdf Download (287kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
Abstract
Penulisan skripsi ini di latar belakangi oleh adanya pembelajaran BTQ muatan lokal baca tulis al-Qur'an yang sudah di terapkan di SDN Pandaan 1, serta masih adanya siswa yang kurang mampu dalam mempelajari al-Qur'an. Padahal belajar al-Qur'an merupakan suatu kewajiban bagi umat islam. Kemampuan pertama yang menjadi sasaran dalam pengajaran baca tulis al-Qur'an adalah kemampuan membaca dan menulis. Pada dasa ya pembelajaran membaca dan menulis harus dimulai sejak kanak-kanak yang dilakukan oleh keluarga, lembaga pendidikan baik formal maupun non formal. Namun masih ada bebrarapa siswa yang kurang mampu membaca dan menulis al-Qur'an dengan baik dan benar. Oleh karena itu berdasarkan dari latar belakang diatas maka peneliti mengambil sebuah rumusan yaitu: 1). Bagaimana implementasi pembelajaran BTQ dalam meningkatkan keterampilan baca tulis al-Qur'an siswa di SDN Pandaan 1 pasuruan 2). Apa faktor penghambat pembelajaran BTQ di SDN Pandaan 1 pasuruan 3). Apa faktor pendukung pembelajaran BTQ di SDN Pandaan 1 pasuruan. Dan tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran BTQ dalam meningkatkan keterampilan baca tulis al-Qur'an siswa di SDN Pandaan 1 pasuruan serta faktor penghambat pembelajaran BTQ dan faktor pendukung pembelajaran BTQ. Penelitian yang peneliti lakukan adalah jenis penelitian deskriftif kualitatif, pendekatan ini dalam pelaksanaan penelitiannya memang terjadi secara ilmiah, apa adanya dalam situasi normal yang tidak dimanipulasi keadaan dan kondisinya, menekankan secara deskripsi secara ilmiah. Disamping itu dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode interviuw/wawancara, dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian meliputi: tahap orientasi, tahap pengumpulan data lapangan dan tahap teknik pengecekan keabsahan data. Analisa dan analisis deskriptif kualitatif, sehingga hasil dari penelitian ini lebih banyak menghasikan data-data yang tertulis atau lisan dari orang-orang. Dari penelitian ini di peroleh sebuah kesimpulan, bahwa: Implementasi pembelajaran baca tulis al-Qur'an dalam meningkatkan kererampilan baca tulis al-Qur'an siswa di SDN Pandaan 1 sudah lama di tetapkan sebagai pelajaran muatan lokal yakni kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompotnsi yang di sesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah. Sehingga anak semangat untuk belajaran btq
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 297.122404 AME I | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Agama > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 28 Sep 2019 08:57 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:46 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1131 |
Actions (login required)
View Item |