Riska Wilfiyah, 201586010050 (2019) PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PEMBIASAAN SHOLAT BERJAMAAH SISWA DI SMPN 3 PURWODADI. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
![]() |
Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (843kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) | Request a copy |
![]() |
Text (COVER riska.pdf)
COVER riska.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (140kB) |
Abstract
Peranan guru sangat penting dalam proses pembelajaran, serta memajukan dunia pendidikan. Kualitas peserta didik dalam dunia pendidikan sangat bergantung pada mutu guru. Karena itu guru harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan standart nasional pendidikan agar dapat menjalankan tugas dan perannyadengan standar kompetensi yang baik yang menghasilkan peserta didik menjadi manusia yang berilmu dan memiliki keterampilan-keterampilan tertentu. Seorang guru harus mampu mendemontrasikan kemampuannya di depan siswa dan menunjukkan sikap sikap terpuji dalam setiap aspek-aspek terpuji dalam setiap aspek kehidupan. Guru merupakan sosok ideal bagi setiap siswa.Biasanya apa yang dilakukan guru akan menjadi acuan bagi siswa. Dengan demikian guru seagai model bagi siswa, maka setiap gerak langkahnya akan menjadi teladan bagi setiap siswa Pada penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui peran guru dalam membentuk karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan''pembiasaan sholat berjama'ah'' di SMPN 3 Purwodadi. 2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung peran guru dalam membentuk karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan ‘'Pembiasaan sholat berjam'ah'' di SMPN 3 Purwodadi Untuk mencapai tujuan dari penelitian diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, penelitian dilaksanakan di SMPN 3 Purwodadi, dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan Guru PAI itu sendiri, pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara/interview, dan dokumentasi Data dianalisis melalui tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan, pengecekan keabsahan data engan pegujian krdibilitas, keteralihan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Program Pendidikan karakter melalui ‘'Pembiasaan Sholat Berjama'ah'' sudah di selenggarakan sejak berdirinya sekolah SMPN 3 Purwodadi sejak tahun 2008 sampai saat ini 2) Kendala yang dihadapi dalam melakuka peran ini adalah Kurang kerjasama antara semua guru, jadi saya terkadang sangat merasa kewalahan untuk menangani anak didik sebanyak itu, 3) Solusi atas kendala yang dihadapi adalah lebih banyak melakukan komunikasi dengan semua guru agar ikut andil juga dalam melasanakan program tesebut
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.102 WIL P | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 30 Nov 2019 07:31 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:46 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1135 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |