PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PEMBIASAAN SHOLAT BERJAMAAH SISWA DI SMPN 3 PURWODADI

Riska Wilfiyah, 201586010050 (2019) PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PEMBIASAAN SHOLAT BERJAMAAH SISWA DI SMPN 3 PURWODADI. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (COVER riska.pdf)
COVER riska.pdf

Download (260kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)

Abstract

Peranan guru sangat penting dalam proses pembelajaran, serta memajukan dunia pendidikan. Kualitas peserta didik dalam dunia pendidikan sangat bergantung pada mutu guru. Karena itu guru harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan standart nasional pendidikan agar dapat menjalankan tugas dan perannyadengan standar kompetensi yang baik yang menghasilkan peserta didik menjadi manusia yang berilmu dan memiliki keterampilan-keterampilan tertentu. Seorang guru harus mampu mendemontrasikan kemampuannya di depan siswa dan menunjukkan sikap sikap terpuji dalam setiap aspek-aspek terpuji dalam setiap aspek kehidupan. Guru merupakan sosok ideal bagi setiap siswa.Biasanya apa yang dilakukan guru akan menjadi acuan bagi siswa. Dengan demikian guru seagai model bagi siswa, maka setiap gerak langkahnya akan menjadi teladan bagi setiap siswa Pada penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui peran guru dalam membentuk karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan''pembiasaan sholat berjama'ah'' di SMPN 3 Purwodadi. 2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung peran guru dalam membentuk karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan ‘'Pembiasaan sholat berjam'ah'' di SMPN 3 Purwodadi Untuk mencapai tujuan dari penelitian diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, penelitian dilaksanakan di SMPN 3 Purwodadi, dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan Guru PAI itu sendiri, pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara/interview, dan dokumentasi Data dianalisis melalui tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan, pengecekan keabsahan data engan pegujian krdibilitas, keteralihan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Program Pendidikan karakter melalui ‘'Pembiasaan Sholat Berjama'ah'' sudah di selenggarakan sejak berdirinya sekolah SMPN 3 Purwodadi sejak tahun 2008 sampai saat ini 2) Kendala yang dihadapi dalam melakuka peran ini adalah Kurang kerjasama antara semua guru, jadi saya terkadang sangat merasa kewalahan untuk menangani anak didik sebanyak itu, 3) Solusi atas kendala yang dihadapi adalah lebih banyak melakukan komunikasi dengan semua guru agar ikut andil juga dalam melasanakan program tesebut

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.102 WIL P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAskhabul Kirom, S.PdI, M.Ag., ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 30 Nov 2019 07:31
Last Modified: 02 Mar 2022 06:46
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1135

Actions (login required)

View Item View Item