Mochammad Choiruddin, 201586010002 (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DARI LIMBAH JOK MOTOR TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS II DI SD NEGERI LEDUG 1 PRIGEN PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf Download (173kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (HALAMAN JUDUL,i,ii,iii,dan cover.pdf)
HALAMAN JUDUL,i,ii,iii,dan cover.pdf Download (797kB) |
Abstract
Salah satu komponen yang penting dalam keberhasilan dalam proses belajar adalah penggunaan media. Mengingat kedudukan media dalam pembelajaran bukan hanya sekedar sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar, tetapi juga merupakan salah satu cara untuk memotivasi siswa dalam berinteraksi saat kegiatan proses pembelajaran. Selain dapat mewakili sesuatu yang tidak dapat guru sampaikan melalui kata-kata ataupun kalimat, media juga memiliki kegunaan sebagai alat komunikasi guru dalam menyalurkan pengetahuan kepada siswa, serta sebagai alat yang digunakan sebagai antisipasi guru dalam menangani sikap pasif siswa akibat kebosanan dalam belajar. Berdasarkan dari latar belakang diatas maka penelitian ini bertujan untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah yang meliputi, 1. Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran dari limbah jok motor terhadap hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas II di SDN Ledug 1 Prigen? 2. Bagaimana pengaruh media pembelajaran dari limbah jok motor terhadap hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas II di SDN Ledug 1 Prigen? Langkah yang dilakukan peneliti dalam penerapan media ini adalah dengan melakukan perencanaan pembelajaran yang meliputi proses persiapan sebelum pembelajaran seperti proses pembuatan media. Dan dilanjutkan dengan penerapan media limbah jok motor ini dalam proses pembelajaran dan diakhiri dengan evaluasi hasil belajar. Dari hasil penelitian diperoleh hasil nilai rata-rata kelas sebelum menggunakan media diperoleh nilai 73,02 dan nilai 88,9 setelah menggunakan media. Kemudian nilai perbandingan t-tabel dan t-hitung didapat hasil nilai 1,7 > 0,925. Dankemudian diperoleh hasil dari uji penelitian dengan hasil nilai sig 0,00 < 0,05. Maka dari hasil tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Sehingga dari hasil tersebut dapat kita simpulkan bahwa dengan penggunaan media pembelajaran dari limbah jok motor terdapat pengaruh terhadap hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas II di SDN Ledug 1.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.36 CHO P | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 04 Sep 2019 07:17 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:47 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1182 |
Actions (login required)
View Item |