STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK DI MADRASAH DINIYAH AL-'ULYA DESA TRETES

Muhammad Nizar Dzulqarnain, 201586010053 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK DI MADRASAH DINIYAH AL-'ULYA DESA TRETES. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (Cover Dalam.pdf)
Cover Dalam.pdf

Download (774kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)

Abstract

Strategi merupakan hal yang sangat penting disetiap aktivitas pembelajaran. Penerapan strategi pembelajaran Active Lea ing dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam pada anak di Madrasah Diniyah al-‘Ulya desa Tretes adalah suatu usaha yang dilakukan guru dalam pendidikan untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan dengan mengajak peserta didik dalam belajar aktif Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui Proses Penanaman Nilai-nilai Agama Islam Pada Anak menggunakan Strategi Pembelajaran Active Lea ing Di Madrasah Diniyah Al-‘Ulya Desa Tretes berlangsung. (2) Untuk mengetahui Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat implementasi Strategi Pembelajaran Active Lea ing dalam Menanamkan Nilai-nilai Agama Islam Pada Anak di Madrasah Diniyah Al-‘Ulya Desa Tretes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field reserch). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, studi dokumentasi, analisa datanya yang dikemukakan oleh milles and Huberman yang meliputi data reduksi data, penyajian data, verification/penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan Triangulasi sumber dan Triangulasi Teknik/Metode. Hasil dari penelitian dari Strategi Pembelajaran Active Lea ing dalam Menanamkan Nilai-nilai Agama Islam Pada Anak di Madrasah Diniyah Al-‘Ulya Desa Tretes dapat dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, jigsaw, problem solving, resitasi (pemberian tugas), drill/latihan, dan Demonstrasi (praktik). Untuk menerapkan strategi pembelajaran active lea ing ini diperlukan keterlibatan guru dan murid secara terpadu, seimbang dan berkesinambungan guna dapat menanamkan nilai-nilai agama Islam pada anak. Faktor pendukungnya dalam sarana prasarana dan sumber belajara yang memadai, minat belajar siswa yang tinggi dan keaktifan guru dalam mendidik siswanya. Faktor penghambat adalah sebagian siswa yang masih tidak konsentrasi dengan pembelajaran yang diterangkan dan latar belakang anak yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 3714.36 DZU S
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorH. Muhammada, S.Pd.I., M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 03 Nov 2019 10:39
Last Modified: 02 Mar 2022 06:48
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1196

Actions (login required)

View Item View Item