Pengaruh Penerapan Metode Edutainment Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Materi Kisah Teladan Luqman Al-Hakim di SDN Ngadimulyo 1 Sukorejo

Achmad Arifin, 201586010009 (2019) Pengaruh Penerapan Metode Edutainment Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Materi Kisah Teladan Luqman Al-Hakim di SDN Ngadimulyo 1 Sukorejo. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (503kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DLL.pdf)
COVER_DLL.pdf

Download (286kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)

Abstract

Terdapat banyak alasan yang terkadang orang melupakan apa yang mereka dengar. Salahsatu alasan yang dapat diambil adalah perbedaan tingkat kecepatan berbicara seorang pengajar atau guru dengan tingkat kecepatan kemampuan siswa yang mendengarkan.Dengan begitu, pelajaran pendidikan agama Islam di SDN Ngadimulyo 1 Sukorejo kami desain dengan proses pembelajaran yang lebih menyenangkan dan membuat peserta didik nyaman. Salahsatu metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru yaitu edutainment. Metode edutainment adalah proses pembelajaran yang didesain dengan memadukan antara muatan pendidikan dan hiburan secara harmonis. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen, Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan menggunakan skala Likert. Teknik analisa menggunakan korelasi product moment pada taraf signifikan 5%. Untuk menjawab rumusan masalahtersebut, peneliti menggunakan rumus tehnik analisis prosentase. Sedangkan untuk pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview, dokumentasi dan angket. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel 31 siswa dari 317 jumlah siswaSDN Ngadimulyo 1 Sukorejo yang mendapat pembelajaran dengan metode edutainment. Berdasarkan hasil statistik uji T diperoleh “t� hitung sebesar 0,1703 dan t tabel pada taraf signifikan 5% adalah 1,6991, maka dapat disimpulkan bahwa t hitung lebih besar dari pada t tabel ( ) jadi Ho ditolak Ha diterima dan instrumen dikatakan valid serta memiliki tingkatan kevalidan lemah setelah dilihat pada tabel interpretasi r dengan nilai r hitung 0,025. Secara keseluruhan memberikan pengaruh yang kurang kuat, dilihat dari hasil r dikuadratkan dan dikali 100% adalah 0,0625%. Yang artinya pengaruh metode edutainment terhadap pemahaman siswa adalah 0,0625%, dan sisanya 99,9375% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 ARI P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWiwin Fachrudin Yusuf, S.Ag., MA, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 29 Oct 2019 08:37
Last Modified: 02 Mar 2022 06:48
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1204

Actions (login required)

View Item View Item