IMPLEMENTASI CHATBOT PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS YUDHARTA PASURUAN

Achmad Badik Irwan, 201569040006 (2019) IMPLEMENTASI CHATBOT PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS YUDHARTA PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (ABSTRAK.pdf)
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (80kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB) | Request a copy
[img] Text (COVER.pdf)
COVER.pdf

Download (639kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
LAMPIRAN.pdf

Download (261kB)

Abstract

Universitas Yudharta Pasuruan sudah menggunakan sistem informasi akademik (sister) dalam bentuk aplikasi web untuk mempermudah kegiatan civitas akademika. Dengan adanya aplikasi tersebut mahasiswa cukup terbantu dalam mendapatkan informasi akademik. Namun karena sistem tersebut berbasis web ada beberapa tampilan yang belum mendukung tampilan mobile friendly. Penelitian ini mengusulkan pengembangan chatbot yang terintegrasi dengan sistem informasi akademik. Pengembangan chatbot sendiri menggunakan sebuah platform pesan singkat dari Telegram. Agar chatbot dapat memahami pertanyaan yang ditanyakan oleh mahasiswa, penulis menggunakan sebuah platform NLP (Natural Language Processing) yaitu Dialogflow. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis berhasil membuat chatbot yang terintegrasi dengan sistem informasi akademik. Chatbot yang penulis buat mampu menjawab pertanyaan yang sesuai dengan tugas yang telah penulis tentukan dan juga chatbot memiliki kemampuan untuk mengambil informasi dari sistem yang dapat diberikan kepada user, serta pengujian delay respon chatbot melihat nilai akademik memiliki rata-rata 1,26 detik dan 1,3 detik. Dan pengujian delay respon chatbot melihat kalender akademik memiliki rata-rata 1,28 detik dan 1,38 detik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 005.36 IRW I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorM. Imron Rosadi, S.kom,. M.kom, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Karya Umum > Ilmu Umum dan Komputer
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Date Deposited: 01 Oct 2019 13:48
Last Modified: 02 Mar 2022 06:48
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1231

Actions (login required)

View Item View Item