EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATAKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB PADA SISWA PROGRAM PENGEMBANGAN BAHASA ASING (PPBA) PONDOK PESANTREN NGALAH SENGONAGUNG PASURUAN

Alfiyatuz Zahroh, 201786020014 (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATAKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB PADA SISWA PROGRAM PENGEMBANGAN BAHASA ASING (PPBA) PONDOK PESANTREN NGALAH SENGONAGUNG PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786020014_BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786020014_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786020014_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786020014_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786020014_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786020014_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786020014_COVER DEPAN.pdf

Download (769kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786020014_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB)

Abstract

b Program pengembangan bahasa Asing (PPBA) adalah program yang didalamnya terdapat pembelajaran bahasa Arab dan bahasa Inggris sejak tahun 2014. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran Think-pair-share (TPS) karena think-pair-share (TPS) ini dirancang untuk mengajak siswa mencari jawaban terhadap suatu pertanyaan dari suatu konsep melalui suatu kelompok dan cocok untuk keterampilan berbicara bahasa Arab. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan keefektifan model pembelajaran think-pair-share terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab siswa PPBA pondok pesantren Ngalah Sengonagung Pasuruan. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen menggunakan Desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa PPBA kelas bahasa Arab di pondok pesantren Ngalah pada tahun ajaran 2020/2021.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: 1). Tes, berupa pretest-postest, 2). Observasi dan 3). Dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan adalah hasil belajar siswa dalam keterampilan berbicara bahasa Arab dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran think-pair-share pada siswa PPBA, hal ini dapat dilihat dari hasil Pretest dengan nilai rata-rata 49,5 dan rata-rata nilai Posttest adalah 77,3. Melihat ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat dilakukan dengan menggunakan uji-t, serta dilakukan pengujian hipotesis pada taraf signifikan = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 22-1 diperoleh thitung = 32,172 dan ttabel = 28,36 maka thitung< ttabel yaitu 32,172 < 28,36. Dengan demikian hipotesisnihil (H0) ditolak atau berarti hipotesis ALTERNATIF (Ha) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab pada siswa PPBA. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pembelajaran yang menggunakan model kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di PPBA pondok pesantren Ngalah Purwosari Pasurua

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 ZAH E
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyarifuddin, S. Pd., M. Pd., MA, TSOL, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 03 Nov 2021 07:44
Last Modified: 01 Jul 2023 02:39
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1270

Actions (login required)

View Item View Item