PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN NAHWU SERTA ALTERNATIF SOLUSI MENGATASINYA (Studi Kasus Kelas V Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Pajaran)

Komaria, 201786020034 (2021) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN NAHWU SERTA ALTERNATIF SOLUSI MENGATASINYA (Studi Kasus Kelas V Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Pajaran). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786020034_BAB I.pdf

Download (482kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786020034_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786020034_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786020034_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786020034_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786020034_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786020034_COVER DEPAN.pdf

Download (572kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786020034_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)

Abstract

Bahasa Arab adalah bagian dari ilmu agama Islam, karena sumber agama Islam adalah berbahasa Arab. Di antara komponen bahasa yang sangat penting adalah nahwu Salah satu lembaga yang mempelajarinya secara khusus adalah Madrasah Diniyah miftahul ulum pajaran. Madrasah miftahul ulum pajaran adalah lembaga non formal yang berada di dalam naungan pondok pesantren salafiyah bangil Pasuruan yang didirikan pada tahun 1985 M oleh KH. Abdullah bin Umar. merupakan lembaga pendidikan agama yang diwajibkan bagi santri Pondok Pesantren miftahul ulum dalam rangka mendalami agama Islam faham Ahlus Sunnah wal Jamaah. Seringkali terjadi permasalahan tentang pembelajaran nahwu diantaranya yang terjadi di kelas V Madrasah Dinyah miftahul ulum. Untuk itu skripsi ini mengambil rumusan masalah tentang bagaimana proses pembelajaran dan permasalahan apa saja yang dihadapi dalam pembelajaran nahwu di kelas V Madrasah Diniyah miftahul ulum pajaran, serta ALTERNATIF solusi apa yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut? Dari hasil penelitian dapat dipaparkan tentang proses pembelajaran nahwu di Kelas V madrasah diniyah miftahul ulum adalah bersifat klasikal, dilaksanakan mulai jam 14.00 sampai 16.00 WIB, Metode pengajaran nahwu di kelas V adalah metode bandongan,wetonan,mudzakarah,muhafadloh,istiqroiyah. Permasalahan dalam pembelajaran nahwu kelas V adalah Kondisi siswa/siswi yang tidak seimbang, baik dari segi umur, kemampuan dan latar belakang pendidikan formalnya, kondisi siswa yang lelah setalah seharian beraktifitas. Guru kurang bisa mengelola kelas dan kurang bisa menerapkan metode pembelajaran yang tapat terhadap kondisi anak didiknya, keterbatasan ruang gerak guru. Materi dan bahan pengajaran, untuk nahwu bahasanya sulit difaham. Problem yang ditimbulkan dari sarana dan prasarana diantaranya kelas sempit, Sering tidak ada penghapus. Problem dari pihak lembaga dan lingkungan, monitoring terhadap proses belajar mengajar dari pihak lembaga masih kurang, terutama dari pihak kepala madrasah. Problem pelaksanaan penilaian. ALTERNATIF solusi mengatasi permasalahan diatas adalah Pengaturan keadaan siswa dalam kelas yang seimbang, Penciptaan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan, Pemberian pemahaman serta motivasi kepada peserta didik terhadap pentingnya ilmu nahwu dan shorof, Pembekalan dan pembinaan guru dan pembentukan wadah bagi guru bidang studi, Penyusunan kembali kurikulum dan target kurikulum yang jelas dan relevan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 492.75 KOM P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhammad Hasyim, S.PdI.,M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 26 Nov 2021 08:43
Last Modified: 03 Jul 2023 01:58
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1271

Actions (login required)

View Item View Item