EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PENINGKATAN MUFRODAT BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MADRASAH DINIYAH DARUL KAROMAH

Umi Badriyatun Najiyah, 201786020012 (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PENINGKATAN MUFRODAT BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MADRASAH DINIYAH DARUL KAROMAH. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786020012_BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786020012_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786020012_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786020012_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786020012_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786020012_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786020012_COVER DEPAN.pdf

Download (672kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786020012_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)

Abstract

Bahasa memegang peranan penting dalam kehidupan, karena Bahasa adalah sarana komunikasi sesama manusia yang digunakan sehari-hari. Maka dari itu, peserta didik harus benar-benar menguasai Bahasa, agar memiliki kompetensi Bahasa yang baik dan benar, termasuk menguasai Bahasa Arab. Bahasa arab memiliki kedudukan khusus di Indonesia. Salah satu cara untuk meningkatakan kualitas peserta didik dalam menggunakan Bahasa Arab, khususnya di bidang Mufrodat, yaitu dengan menggunakan media Flashcard. Media Flashcard merupakan media kartu yang berisi gambar, tulisan yang dibuat sebagai permainan kartu sehingga sangat memungkinkan peserta didik tertarik untuk memahami materi yang disampaikan. Dalam penelitian ini akan berfokus pada dua permasalahan, (1) Efektivitas penggunaan media flashcards terhadap peningkatan mufrodat Bahasa Arab peserta didik kelas IV Madrasah Diniyah Darul Karomah, (2) Peningkatan mufrodat Bahasa Arab dengan menggunakan media flashcard pada peserta didik kelas IV Madrasah Diniyah Darul Karomah Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas dengan tekhnik pengumpulan datanya berupa pretest-posttest. Sedangkan instrument yang digunakan adalah Observasi, Dokumentasi dan Tes. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa dala proses pembelajaran menggunakan media flashcard memiliki signifikansi yang tinggi dalam meningkatkan mufrodat siswa. Hal ini di sandarkan pada hasil rata-rata tes siswa pada siklus terakhir yaitu 80.00 berbanding jauh dengan pretest yaikni hanya 69.07. Dengan demikian, dapat disimpulkan tingkat efektivitas penggunaan media flashcard terhadap peningkatan mufrodat siswa memiliki angka yang signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 NAJ E
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Nur Rokhmatullah, S. PdI., M.S.I, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 11 Dec 2021 09:02
Last Modified: 15 Aug 2023 05:03
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1273

Actions (login required)

View Item View Item