Umi Badriyatun Najiyah, 201786020012 (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PENINGKATAN MUFRODAT BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MADRASAH DINIYAH DARUL KAROMAH. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
201786020012_BAB I.pdf Download (397kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
201786020012_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
201786020012_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
201786020012_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
201786020012_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
201786020012_BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (COVER DEPAN.pdf)
201786020012_COVER DEPAN.pdf Download (672kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786020012_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (283kB) |
Abstract
Bahasa memegang peranan penting dalam kehidupan, karena Bahasa adalah sarana komunikasi sesama manusia yang digunakan sehari-hari. Maka dari itu, peserta didik harus benar-benar menguasai Bahasa, agar memiliki kompetensi Bahasa yang baik dan benar, termasuk menguasai Bahasa Arab. Bahasa arab memiliki kedudukan khusus di Indonesia. Salah satu cara untuk meningkatakan kualitas peserta didik dalam menggunakan Bahasa Arab, khususnya di bidang Mufrodat, yaitu dengan menggunakan media Flashcard. Media Flashcard merupakan media kartu yang berisi gambar, tulisan yang dibuat sebagai permainan kartu sehingga sangat memungkinkan peserta didik tertarik untuk memahami materi yang disampaikan. Dalam penelitian ini akan berfokus pada dua permasalahan, (1) Efektivitas penggunaan media flashcards terhadap peningkatan mufrodat Bahasa Arab peserta didik kelas IV Madrasah Diniyah Darul Karomah, (2) Peningkatan mufrodat Bahasa Arab dengan menggunakan media flashcard pada peserta didik kelas IV Madrasah Diniyah Darul Karomah Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas dengan tekhnik pengumpulan datanya berupa pretest-posttest. Sedangkan instrument yang digunakan adalah Observasi, Dokumentasi dan Tes. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa dala proses pembelajaran menggunakan media flashcard memiliki signifikansi yang tinggi dalam meningkatkan mufrodat siswa. Hal ini di sandarkan pada hasil rata-rata tes siswa pada siklus terakhir yaitu 80.00 berbanding jauh dengan pretest yaikni hanya 69.07. Dengan demikian, dapat disimpulkan tingkat efektivitas penggunaan media flashcard terhadap peningkatan mufrodat siswa memiliki angka yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.36 NAJ E | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Bahasa > Bahasa Arab | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2021 09:02 | ||||||
Last Modified: | 15 Aug 2023 05:03 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1273 |
Actions (login required)
View Item |