PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI PAI DI SDI MAARIF SUKOREJO PASURUAN

Shabrina Achda Laily, 201786010007 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI PAI DI SDI MAARIF SUKOREJO PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786010007_ BAB I.pdf

Download (473kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786010007_ BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786010007_ BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786010007_ BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786010007_ BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786010007_ BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786010007_ COVER DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786010007_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)

Abstract

Banyak kita jumpai di lapangan ketika kegiatan pembelajaran berlangsung seorang pendidik hanya menyampaikan materi, setelah itu diberi tugas untuk penilaian tanpa menanyakan kepada peserta didik tentang pemahaman terhadap materi yang telah disampaikan oleh pendidik. Dalam hal ini pendidik dinilai seolah tidak peduli dengan peserta didik yang kurang memahami materi. Dengan demikian proses pembelajaran perlu disiapkan juga direncanakan dengan matang. Salahsatunya dengan pemilihan media yang tepat juga dapat mengasah pemahaman peserta didik melalui Crossword Puzzle (teka-teki silang). Media Crossword Puzzle ialah penyusunan tes peninjauan kembali dalam bentuk teka-teki silang yang dapat mengundang minat dan partisispasi peserta didik juga termasuk media pembelajaran yang baik dan menyenangkan tanpa menghilangkan esensi belajar. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen, Instrumen penelitian yang digunakan ialah tes dan angket (kuesioner) dengan menggunakan perhitungan SPSS 16.0. Untuk menjawab rumusan masalah, peneliti menggunakan uji normalitas dan uji Paired Sampels T-test guna menguji nilai hasil pretest dan posttes. Juga digunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis untuk pengujian angket. Sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan observasi, tes, angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel 21 peserta didik dari 167 jumlah peserta didik SDI Maarif Sukorejo yang mendapat pembelajaran dengan media Crossword Puzzle. Berdasarkan nilai hasil pretest dan posttest menggunakan uji paired sampels T-test diperoleh t hitung sebesar -18,944 dan t tabel pada taraf signifikan 5% adalah 2,08596, maka dapat disimpulkan bahwa t hitung lebih besar dari pada t tabel (-18,944 > 2,08596) jadi H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil uji angket, dari output didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Jika niilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05), maka H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan media crossword puzzle terhadap peningkatan pemahaman peserta didik pada materi PAI di SDI Maarif Sukorejo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 LAI P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhammad Nur Hadi, S.Ag., M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 04 Oct 2021 14:40
Last Modified: 05 Jun 2023 01:32
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1281

Actions (login required)

View Item View Item