STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN KERAKYATAN IBRAHIM DATUK TAN MALAKA DAN KONSEP TRILOGI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Abdillah Fauzi, 201686010011 (2021) STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN KERAKYATAN IBRAHIM DATUK TAN MALAKA DAN KONSEP TRILOGI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686010011_BAB I.pdf

Download (541kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686010011_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686010011_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686010011_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686010011_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201686010011_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010011_COVER DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010011_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)

Abstract

ka, Ki Hajar Dewantara, Pendidikan Islam Dalam pendidikan pasti ada yang namanya pembelajaran, Pembelajaran adalah prosedur yang terorganisasi yang meliputi langkah– langkah penganalisisan dan peniliaian pengembangan. Telah dikemukakan bahwa pendidikan merupakat salah satu sarana yang dapat dijadikan sebagai pengembangan sosial. Proses asimilasi ilmu pendidikan dalam bangku sekolah harus di perhatikan senepuhnya jangan sampai ada ketertindasan sistem persekolahan. Konteks penelitian dalam karya ilmiah ini adalah, membahas 1. bagaimana konsep pendidikan kerakyatan ibrahim datuk ibrahim datuk tan malaka dan konsep trilogi pendidikan ki hajar dewantara. 2. bagaimana komparasi konsep pendidikan kerakyatan ibrahim datuk tan malaka dengan trilogi pendidikan ki hajar dewantara. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Reseacrh), dengan membahas bagaimana konsep pendidikan kerakyatan Ibrahim Datuk Tan Malaka dan konsep trilogi pendidikan Ki Hajar Dewantara dan bagaimana komparasi konsep pendidikan keraktaran dengan konsep trilogi pendidikan dari kedua tokoh tersebut Pengumpulan data dilakukan dengan buku-buku dan ju al, skripsi, dan karya ilmah lainya yang ada kaitanya dengan pembahasan diatas. Analisis data dilakukan dengan pembahas isi (Content Analysis) yang teerkadang dalam buku. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan Kredibilitas (Credibilty). Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa Tan Malak dan Ki Hajar Dewantara tersebut ada titik tekan dalam proses pendidikan itu berlangsung aspek metode dan tujuan yaitu Pertama, apsek metode Ibrahim Datuk Tan Malaka memiliki ciri kembebasan dalam belajar tapi dengan dilaandasi akhlaq, dan Ki Hajar Dewantara menggunakan apsek memberikan pembinaan, memberi contoh uswatun hasana kedua nya ini sama hal nya dalam istilah pendidikan islam disebut targhib dan tarbhib atau mendidik anak supaya memiliki budi pekerti yang luhur atau berakhlak mulia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 297.87 FAU S
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. ACHMAD YUSUF, S. PdI., M.Pd, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 02 Aug 2021 08:38
Last Modified: 13 Jun 2023 02:45
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1347

Actions (login required)

View Item View Item