POLA PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBIASAAN BUDAYA SEKOLAH DI SEKOLAH MI NURUL HUDA 1 GAJAHREJO

Cyntya Rahayu Putri, 201786010058 (2021) POLA PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBIASAAN BUDAYA SEKOLAH DI SEKOLAH MI NURUL HUDA 1 GAJAHREJO. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786010058_BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786010058_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786010058_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786010058_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786010058_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786010058_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786010058_COVER DEPAN.pdf

Download (822kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786010058_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (365kB)

Abstract

Karakter merupakan hal sangat penting dan mendasar, seseorang yang memiliki karakter kuat dan baik secara individual maupun sosial telah menunjukkan bahwa mereka memiliki akhlak, moral, dan budi pekerti yang baik. Sekolah merupakan salah satu tempat bagi anak muda untuk melaksanakan pendidikan karakter. Karakter religius perlu untuk dibentuk pada setiap siswa agar mereka memiliki pemikiran, perkataan, dan tindakan yang selalu didasarkan pada nilai-nilai ketuhanan. upaya untuk menyajikan dunia sosial, dan perspektif-perspektifnya di dalam dunia, dari segi konsep, perilaku, persepsi, dan persoalan tentang manusia yang diteliti. Penelitian kualitatif secara jelas memiliki perbedaan dengan penelitian kuantitatif, karena pada penelitian kualitatif menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur analisis statistik atau cara kuantifikasi lainnya. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiann dengan jenis deskriptif . Data dan Sumber Data terdiri data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi penelitian. Teknik Analisis Data menggunakan Analisis isi atau contect analysis, Pengecekan Keabsahan, temuan penelitian dan teknik keabsahan data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: pola pembentukan karakter religius oleh guru pendidikan agama islam pada siswa Sekolah MI Nurul Huda 1 Gajahrejo sudah cukup baik karena di dalam lingkungan Sekolah MI Nurul Huda 1 Gajahrejo sangat dibiasakan dengan kedisiplinan, pola yang dibentuk oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam kedisiplinan beribadah dapat diterapkan dalam pendidikan langsung misalnya melalui kegiatan belajar mengajar, keteladanan, motivasi dan pengawasan dalam melakukan ibadah, melalui pembiasaan sholat dhuha berjamaah dan sholat dzuhur berjamaahdan juga pendidikan secara tidak langsung dengan memberikan tata tertib kepada siswa agar siswa tidak melakukan hal yang buruk di lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 297.77 PUT P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Achmad Yusuf, S. Pdi., M. Pd, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 20 Aug 2021 09:18
Last Modified: 05 Jun 2023 01:16
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1349

Actions (login required)

View Item View Item