Halimatus Sa'diyah, 201786010068 (2021) PEMBIASAAN BERSALAMAN GURU DAN SISWA UNTUK MENINGKATKAN AKHLAK TERPUJI DI SD ISLAM QATHRUNNADA NGAWEN PAREREJO PERWODADI. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
201786010068_BAB I.pdf Download (178kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
201786010068_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
201786010068_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
201786010068_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
201786010068_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
201786010068_BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) | Request a copy |
|
Text (COVER DEPAN.pdf)
201786010068_COVER DEPAN.pdf Download (591kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786010068_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan anak-anak sejak dini harus mendapat perhatian lebih serius terutama dalam pendidikan akhlak agar mereka tidak menjadi anak-anak yang lemah iman sehingga tumbuh dewasa menjadi generasi yang solih dan solihah. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan metode pembiasaan dalam meningkatkan akhlak siswa serta bagaimana hasil yang dicapai dalam meningkatkan akhlak siswa melalui metode pembiasaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana proses meningkatkan akhlak siswa melalui metode pembiasaan bersalaman. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempu akan penerapan pembiasaan bersalaman guru dan siswa untuk meningkatkan akhlak terpuji. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di SD Islam Qathrunnada Ngawen Parerejo Purwodadi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembiasaan bersalaman guru dan siswa untuk meningkatkan akhlak diawali dengan pembiasaan disiplin meliputi mengucapkan salam baik saat bertemu teman atau guru dan karyawan sekolah maupun saat masuk kelas sebelum proses pembelajaran dimulai, berjabat tangan dengan guru saat bertemu, membaca doa bersama-sama saat awal dan akhir pelajaran. (2) Hasil pembiasaan bersalaman guru dan siswa untuk meningkatkan akhlak siswa melalui metode pembiasaan sudah cukup baik, karena ada beberapa siswa yang sebelumnya dianggap akhlaknya kurang baik, setelah dilakukan pembiasaan bersalaman, akhlak siswa tersebut mengalami perubahan perilaku yang positif. Cara guru menghadapi permasalahan yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam, adalah: dengan memberikan kesadaran bagi siswa untuk melaksanakan pembiasaan bersalaman tersebut agar dapat membina akhlak mereka dengan baik. Guru juga memberikan motivasi bagi siswa agar siswa memiliki semangat untuk melaksanakan membiasaan bersalaman.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 297.5 SAD P | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Agama > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 24 Sep 2021 13:35 | ||||||
Last Modified: | 10 May 2023 03:42 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1375 |
Actions (login required)
View Item |