PENERAPAN METODE TARTIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DI TPQ HIDAYATUR ROHMAH KARANGKEPUH KARANGJATI

Sela Amanda, 201786010034 (2021) PENERAPAN METODE TARTIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DI TPQ HIDAYATUR ROHMAH KARANGKEPUH KARANGJATI. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786010034_BAB I.pdf

Download (405kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786010034_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786010034_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786010034_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786010034_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786010034_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786010034_COVER DEPAN.pdf

Download (711kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786010034_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya al-Qur'an sebagaisumber pokok pendidikan islam.Pada dasa ya belajar al-Qur'an dapat dilakukan dengan berbagai macam metode salah satunya yaitu metode Tartil. Metode Tartil adalah cara membaca al-Qur'an dengan cara pelan dan perlahan serta mengucapkan huruf-huruf dari makhrajnya dengan tepat. Membaca dengan pelan dan tepat maka dapat terdengar dengan jelas masing-masing hurufnya, dan tajwid nya yang disusun oleh Alhafidz Ustd Syamsul Arifin. Beliau adalah pengasuh Pondok Pesantren Darul Hidayah, Kesilir, Wuluhan, Jember, Jawa Timur. Dulu beliau pe ah dipercaya sebagai coordinator method Qira'ati se-wilayah Jawa dan Bali, kemudian pada pertengahan tahun 2000 beliau menciptakan metode sendiri yang diberi nama “Metode Belajar al-Qur'an Tartil. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan Metode Tartil untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur'an dengan benar sesuai kaidah makraj dan tajwid pada santri di TPQ Hidayatur Rohmah Karangkepuh Karangjati. Peneliti mengangkat masalah tentang : Bagaimana penerapan metode tartil dalam pembelajaran al-Qur'an? dan Bagaimana peningkatan kemampuan membaca al-Qur'an? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yakni langsung terjun kelapangan mendeskripsikan informasi dan data yang dilapangan terkait dengan apa yang telah dilakukan. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah guru taman al-Qur'an di hidayatur rohmah yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, menyimpulkan bahwa dalam proses penerapannya dapat dilihat siswa sudah bisa mempraktekkan cara membaca al-Qur'an dengan baik, dan dalam membacanya sudah lancar dan benar sesuai dengan ilmu tajwid. Makhorijul hurufnya sudah pas akan tetapi ada beberapa siswa yang belum bisa dikarenakan baru belajar huruf hijaiyah. Hal tersebut merupakan bekal bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari untuk mengamalkan al-Qur'an dengan cara menghiasi diri pada ajaran agama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 297.1226 AMA P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Saifulah, M.HI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 20 Oct 2021 09:25
Last Modified: 03 Jul 2023 01:40
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1376

Actions (login required)

View Item View Item