Implementasi Model Life Skill Pidato Untuk Memahami Pembelajaran Al-Qur'an Di Taman Pendidikan Al-Qur'an Al-Anwar Porong Sidoarjo

Laila Hikmatus Sufa, 201786010065 (2021) Implementasi Model Life Skill Pidato Untuk Memahami Pembelajaran Al-Qur'an Di Taman Pendidikan Al-Qur'an Al-Anwar Porong Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786010065_BAB I.pdf

Download (579kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786010065_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786010065_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786010065_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786010065_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786010065_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786010065_COVER DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786010065_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)

Abstract

Lembaga pendidikan Islam khusunya pendidikan Taman Pendidikan al-Qur'an al-anwar Porong Sidoarjo, ini mempunyai andil yang sangat besar untuk mengiringi prosesnya dalam menjalankan hidup. Karena dalam orientasinya, pendidikan Islam harus mampu menyiapkan sumber daya manusia yang tidak hanya sekedar sebagai penerima arus informasi global saja, namun juga harus memberikan bekal kepada mereka agar mengolah, menyesuaikan, dan mengembangkan segala hal yang diterima melalui arus informasi itu, yakni manusia yang kreatif, dan produktif. Oleh karena itu Taman Pendidikan al-Qur'an al-Anwar Porong Sidoarjo, selain memberikan bekal ilmu agama khusunya pembelajaran tatap muka baca tulis al-Qur'an juga melakukan upaya pengembangan life skill untuk santri agar bisa survive the life. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi Model life skill untuk memahami pembelajaran al-Qur'an di TPQ al-Anwar? 2) Apa saja faktor penghambat yang sering muncul dalam Pengembangan model life skill di TPQ al-Anwar ini? 3) Bagimana bentuk perubahan dengan adanya model life skill pidato untuk memahami pembelajaran al-Qur'an di TPQ al-Anwar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode induktif, deduktif intepretasi data dan metode komparatif. Hasil penelitian ini adalah upaya pengembangan life skill santri bukan hanya fokus pada pembelajaran al-Qur'an saja melainkan juga memprogramkan beberapa model program implentasi model life skill bakat minat santri, dengan cacatan juga tidak mengesampingkan pembelajaran al-Qur'an yang sudah cukup baik. life skill yang dikembangkan di Taman Pendidikan al-Qur'an al-Anwar ini meliputi personal skill, sosial skill, akademik skill dan vokasional skill. Kondisi ini didukung oleh keterampilan yang diberikan diminati oleh santri, ini terlihat dari keaktifan santri selama kegiatan berlangsung. Komposisi materi sudah sesuai yaitu lebih banyak praktek dari pada teori yang diberikan kepada santri. penggunaan metode dan pendekatan sudah tepat sesuai materi pembelajaran dan kondisi santri. Faktor penghambat adalah Kurangnya tenaga pengajar yang profesional, masih kurangnya fasilitas dan sarana Prasarana, Faktor santri, dan wali santri

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 SUF I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Ahmad Ma'ruf, S.PdI., M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 05 Sep 2021 12:13
Last Modified: 10 May 2023 03:44
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1385

Actions (login required)

View Item View Item