Efektivitas Penerapan Metode Stand Up Category untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas VI Madrasah Diniyah Baitur Rohman Kepulungan Gempol

Nurul Hidayati, 201786020006 (2021) Efektivitas Penerapan Metode Stand Up Category untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas VI Madrasah Diniyah Baitur Rohman Kepulungan Gempol. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786020006_BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786020006_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786020006_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786020006_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786020006_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786020006_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786020006_COVER DEPAN.pdf

Download (827kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786020006_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)

Abstract

Madrasah Diniyah Baitur Rohman adalah madrasah yang mempelajari ilmu-ilmu agama, pada madrasah tersebut hanya memiliki tingkat kelas ula yakni dari kelas shifir satu sampai dengan kelas VI. Dan setiap kelas terdapat pembelajaran bahasa arab. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode langsung, yang mana metode tersebut tidak efektif dalam proses pembelajaran. dari sinilah peneliti mencoba menerapkan metode stand up catgory melalui penelitian tindakan kelas untuk mengetahui keefektifan metode dan serta pengaruh dari diterapkannya metode stand up category. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas partisipan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan tes hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan dan pemberian tes hasil belajar melaui pre test dan post test. Dari hasil penelitian menghasilkan bahwa metode stand up category mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa, hal ini didasarkan dengan hasil akhir dari prosentase lembar observasi dan tes hasil belajar yakni sebesar 43.5% dan lembar observasi dengan kategori A sebesar 2,5%, B sebesar 5%, C sebesar 10,4%, D sebesar 12,5%, E sebesar 20.9%. hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode stand up category mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas enam dalam pembelajaran bahasa arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 HID E
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMohamad Hasyim S. PdI., M. PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 28 Dec 2021 09:47
Last Modified: 15 Aug 2023 05:02
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1389

Actions (login required)

View Item View Item