Nuril Latifah, 201786020033 (2021) Efektifitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Arab Di Madrasah Diniyah Al-Ayyuby Kesiman. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
201786020033_BAB I.pdf Download (377kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
201786020033_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
201786020033_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (567kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
201786020033_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (897kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
201786020033_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
201786020033_BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text (COVER DEPAN.pdf)
201786020033_COVER DEPAN.pdf Download (703kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786020033_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (260kB) |
Abstract
Media pembelajaran merupakan suatu wadah leveransir informasi atau isi dari sebuah pembelajaran. Oleh karena itu seorang pendidik harus kreatif dalam memilih Media pembelajaran siswa-siswinya. Pemilihan dan penggunaan media sangat dibutuhkan guna meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab, tugas lain yang dimiliki seorang pendidik adalah membalikkan anggapan bahwa belajar bahasa arab itu sulit dan membosankan, tapi justru terasa mudah dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses peningkatan serta evaluasi hasil dari penguasaan kosakata bahasa arab dengan menggunakan permainan ular tangga di Marasah diniyah Al – Ayyuby Kesiman. Pendekatan penelitian tindakan kelas diambil oleh peneliti dengan dua siklus penelitian. Peneliti juga melakukan pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi serta metode tes untuk keabsahan dan kevalidan data. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal antara lain: 1) proses pembelajaran siswa dalam penguasaan vokabuler bahasa Arab dengan menggunakan media permainan ular tangga. 2) Dalam pelaksanaannya peneliti menggunakan media permainan ular tangga sebanyak dua siklus dengan alokasi waktu 2 x 35 menit untuk meningkatkan penguasaan vokabuler bahasa Arab. 3) Selama pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi yang semakin meningkat. Data dari hasil observasi siklus 1 pertemuan pertama sebanyak 60%, dan pertemuan kedua sebanyak 65%. Pada siklus kedua pertemuan pertama diperoleh hasil observasi sebanyak 80% dan pada pertemuan kedua siklus dua diperoleh hasil sebanyak 95%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.36 LAT E | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Bahasa > Bahasa Arab | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Date Deposited: | 02 Nov 2021 07:44 | ||||||
Last Modified: | 03 Jul 2023 02:10 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1401 |
Actions (login required)
View Item |