PENGARUH IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII MTs. ROUDLOTUT THOLIBIN PROBOLINGGO

Dauriyatul Husna, 201786020002 (2021) PENGARUH IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII MTs. ROUDLOTUT THOLIBIN PROBOLINGGO. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786020002_BAB I.pdf

Download (401kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786020002_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786020002_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786020002_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786020002_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786020002_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786020002_COVER DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786020002_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)

Abstract

Pada hakikatnya, proses pembelajaran adalah suatu proses interaksi antara seorang guru dan peserta didik, baik berinteraksi secara langsung atau secara tidak langsung dengan menggunakan media pembelajaran. Dan pada abad 21, dalam pendidikan muncul pendekatan baru dalam suatu pembelajaran, yaitu pendekatan saintifik. Kurikulum 2013 menekankan pada penerapan pendekatan ilmiah atau scientific approach pada proses pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Pendekatan ilmiah dalam pembelajaran sebagaimana yang dimaksud dalam Permendikbud No. 18 A tahun 2013 meliputi: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, mengasosiasi, mengkomunikasikan. Dan pada penelitian kali ini, pendekatan saintifik juga digunakan dalam pembelajaran Bahasa arab. Dengan menerapkan 5M diatas maka dapat menghasilkan siswa yang aktif, kreatif dan inovatif. Sebagaimana 1) Mengamati, untuk kegiatan mengamati, guru bahasa arab memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan kegiatan dengan menggunakan 4 mahara: maharah kalam, maharah qira'ah, maharah istima' dan maharah kitabah. 2) Menanya, Kegiatan menanya sangat berfugsi bagi peserta didik untuk membangkitkan rasa ingin tahu, minat, dan perhatian peserta didik tentang suatu topik pembelajaran, menginspirasi peserta didik untuk aktif belajar dan mengembangkan pertanyaan dari dan untuk dirinya sendiri. 3) Mencoba, guru bahasa arab mengembangkan keterlibatan fisik, mental dan emosional peserta didik, sehingga peserta didik dapat melatih keterampilan proses agar memperoleh hasil belajar maksimal. 4) Menalar, kegiatan menalar ini digunakan dalam pendekatan saintifik untuk menemukan keterkaitan informasi yang satu dengan yang lainnya. Sehingga dalam kegiatan menalar ini peserta didik dapat mengembangkan sifat disiplin, teliti, dan taat aturan. 5) Mengomunikasikan, kegiatan mengomunikasikan ini bertujuan untuk melatih peserta didik untuk berkreatifitas, serta berani menyampaikan ide yang telah didiskusikan dengan singkat dan jelas serta mengembangkan kemampuan berbahasa dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 HUS P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhammad Hasyim, S.PdI.,M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 24 Dec 2021 09:00
Last Modified: 19 Aug 2023 07:26
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1430

Actions (login required)

View Item View Item