EFEKTIVITAS METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN LEMAHBANG II SUKOREJO

Siti Inganah, 201786010052 (2021) EFEKTIVITAS METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN LEMAHBANG II SUKOREJO. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (10. LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf)
10. LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (3. BAB I.pdf)
3. BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text (4. BAB II.pdf)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (5. BAB III.pdf)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (6. BAB IV.pdf)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (7. BAB V.pdf)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (8. BAB VI.pdf)
8. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (9. DAFTAR PUSTAKA.pdf)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)

Abstract

Pada saat ini guru Pendidikan Agama Islam di sekolah, tidak sedikit diantara mereka yang kurang mempersiapkan materi pelajaran PAI. Berkaitan dengan cara-cara yang mereka terapkan, banyak dari mereka yang menerapkan cara mengajar yang kurang efektif sehingga hasil belajar peserta didik tidak sesuai dengan harapan. Berdasarkan pada latar belakang tersebut. Tujuan penelitian ini (1) Bagaimanakah Penerapan metode The Power of Two pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SDN Lemahbang Sukorejo? (2) bagaimana efektivitas metode The Power of Two pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SDN Lemahbang Sukorejo? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis pre-experimental, yakni dengan menggunakan the one group pretest-posttest design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran dan yang menjadi variabel terikat adalah hasil belajar peserta didik kelas V SDN Lemahbang II Sukorejo. Adapun data primer penelitian ini didapat dari hasil pree test dan post test menggunakan Metode The Power of Two, dan data sekunder penelitian ini bersumber dari buku-buku, ju al, penelitian terdahulu maupun sumber yang terkait lainnya. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa/siswi kelas V SDN Lemahbang II Sukorejo yang berjumlah 25 siswa. Sampel yang digunakan yakni kelas V SDN Lemahbang II Sukorejo.Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Tes dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan (1) Penerapan metode The Pow5er of Two pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SDN Lemahbang Sukorejo. Proses Pembelajaran metode The Power of Two diawali dengan guru mengajukan pertanyaan. Dengan pertanyaan tersebut untuk pertama kali yang dilakukan adalah siswa mengerjakan secara perorangan. Setelah semua menyelesaikan jawabannya, siswa diminta untuk mencari pasangan. Setelah berpasangan siswa-siswa pun diminta untuk membentuk kelompok besar agar hasil yang didapatkan menjadi lebih baik. (2) Efektivitas metode The Power of Two pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SDN Lemahbang Sukorejo. Dari hasil uji paired sample test didapat hasil sig (2-tailed) yaitu 0,000 dan diketahui bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 ING E
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhammad Nur Hadi,S.Ag., M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 29 Sep 2021 08:03
Last Modified: 05 Jun 2023 01:17
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1434

Actions (login required)

View Item View Item