PEMBELAJARAN MUFRODATDENGAN METODE MENGHAFAL DI MADRASAH ALIYAH DARUT TAQWA SENGON AGUNG PURWOSARI TAHUN AJARAN 2020/2021

Yanti Puspita Sari, 201786020028 (2021) PEMBELAJARAN MUFRODATDENGAN METODE MENGHAFAL DI MADRASAH ALIYAH DARUT TAQWA SENGON AGUNG PURWOSARI TAHUN AJARAN 2020/2021. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (11. ARTIKEL LENGKAP.pdf)
11. ARTIKEL LENGKAP.pdf

Download (490kB)
[img] Text (BAB I.pdf)
201786020028_BAB I.pdf

Download (364kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786020028_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786020028_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786020028_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786020028_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786020028_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786020028_COVER DEPAN.pdf

Download (736kB)

Abstract

Pembelajaran mufradât merupakan usaha agar siswa dapat menambah kosa kata mufradât sehingga dapat membantu memudahkan para pembelajar bahasa Arab dengan metode menghafal di Madrasah Aliyah Darut Taqwa Sengon Agung.Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) bagaimana proses pembelajaran mufradât dengan menggunakan metode menghafal di Madrasah Aliyah Darut Taqwa? 2) bagaimana kemampuan siswa dalam mempelajari mufradât di Madrasah Aliyah Darut Taqwa? 3) apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran mufradât dengan metode menghafal di Madrasah Aliyah Darut Taqwa?Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran mufradât dengan metode menghafal di Madrasah Aliyah Darut Taqwa, 2) untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mempelajari mufradât di Madrasah Aliyah Darut Taqwa, 3) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung pembelajaran mufradât di Madrasah Aliyah Darut Taqwa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk membuat deskripsi gambaran atau lukisan secara sistematis faktual dan akurat tentang metode yang diterapakan guru dalam mengajarkan bahasa Arab serta pandangan siswa terhadap metode yang diterapkan guru dalam pengajaran bahasa Arab.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumenter dan angket/kuesioner. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah 1) pengolahan data, 2) analisis data. Analisis yang dilakukan adalah analisis non statistik yaitu dilakukan dengan membaca tabel-tabel atau angka-angka yang tersedia kemudian melakukan penguraian-penafsiran. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, peneliti menyimpulkan sebagai berikut: 1. Madrasah Aliyah Darut Taqwa merupakan sebuah lembaga yang berada di bawah naungan Yayasan Darut Taqwa. Madrasah ini didirikan oleh KH. Sholeh Bahruddin tahun 1990. Sampai sekarang Madrasah Aliyah terus mengembangkan diri sehingga mendapat gelar terakreditasi “A� (unggul). Jumlah siswa sekarang ±579 siswa dan 54 jumlah guru. 2. Metode yang diterapkan guru dalam pengajaran bahasa Arab adalah metode gabungan, yang meliputi: metode terjemah, metode qiro’ah, metode hiwar dan metode imla’. 3. Pandangan siswa terhadap metode yang diterapkan guru dalam pengajaran bahasa Arab adalah: mayoritas siswa berpendapat bahwa metode sesuai dengan materi, cara penyampaian materi kurang jelas, tidak bervariasi, kadang-kadang metode bisa menambah pemahaman materi dan menambah semangat belajar, serta kurang maksimal dalam penggunaan media. Saran-saran yang diberikan oleh peneliti adalah: 1) hendaknya guru senantiasa berupaya untuk selalu menambah wawasan dan pengalaman melalui pelatihan, 2) hendaknya guru terus berupaya untuk melakukan evaluasi diri dalam pendekatan, metode dan media pengajaran yang digunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 SAR P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHasan Syaiful Rizal S.PdI, M.Pd, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 09 Oct 2021 14:54
Last Modified: 03 Jul 2023 01:59
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1449

Actions (login required)

View Item View Item