ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM NARASI MEDIA SOSIAL NADIRSYAH HOSEN SEBAGAI UPAYA KONTRA WACANA RADIKALISME

Mukhamad Siha Budin, S.Pd., 201986130004 (2021) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM NARASI MEDIA SOSIAL NADIRSYAH HOSEN SEBAGAI UPAYA KONTRA WACANA RADIKALISME. Magister thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201986130004_BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201986130004_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201986130004_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201986130004_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201986130004_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201986130004_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201986130004_COVER DEPAN.pdf

Download (637kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201986130004_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan perlu dicermati secara bijak, dalam prosesnya bisa dilakukan melalui media sosial. Salah satunya tokoh yang berpengaruh Nadirsyah Hosen yang telah memanfaatkan sebagai sarana me- nyebarkan nilai-nilai pendidikan multikultural untuk merespon berbagai fenomena radikalisme. Oleh karenanya peneliti tertarik meneliti tentang (1) nilai-nilai pen- didikan multikultural dalam narasi media sosial Nadirsyah Hosen sebagai kontra wacana radikalisme (2) wacana kritis narasi media sosial Nadirsyah Hosen se- bagai upaya kontra wacana radikalisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis analisis isi. Isi yang dimaksud adalah konten update status facebook dan instagram Nadisyah Hosen yang dijadikan peneliti sebagai data primer dan didukung dengan data-data sekunder yang terkait dengan penelitian yang dimaksud. Data dikumpulkan dengan teknik (1) observasi beranda media sosial dan dokumentasi berupa foto atau gambar yang terdapat dalam beranda tersebut. Data dikumpulkan dengan teknik (2) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data temuan dilakukan dengan triangulasi teknik, triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya kontra wacana radikalisme Nadirsyah Hosen yang dilakukan melalui media sosial sebagai berikut: (1) nilai- nilai pendidikan multikultural dalam narasi media sosial Nadirsyah Hosen sebagai kontra wacana radikalisme, diantaranya: nilai toleransi, nilai persaudaraan, nilai kesamaan, dan nilai keadilan (2) wacana kritis narasi media sosial Nadirsyah Hos- en sebagai upaya kontra wacana radikalisme melalui analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk, melalui analisis teks, kognisi sosial, dan konteks sosial mendapatkan beberapa poin Pertama, agama untuk membangun kedamaian. Kedua, memahami Islam tidak cukup sebagai doktrin semata. Ketiga, Menjaga kehormatan manusia adalah salah satu inti ajaran Islam. Keempat, narasi kontra wacana terhadap kamu- flase sekte khawarij. Dalam hasil tersebut Nadirsyah Hosen tidak serta-merta menulis tanpa sebabnya, karena dari keempat tersebut berhubungan dengan keadaan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 370.117 BUD A
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Drs. M. Jamhuri, M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Thesis advisorDr. Ahmad Marzuki, S.Pd.I., M.Ag, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Karya Umum > Kumpulan Karya Umum
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam Multikultural (S2)
Date Deposited: 03 Nov 2021 13:39
Last Modified: 05 Jun 2023 01:24
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1456

Actions (login required)

View Item View Item