KONSEP BELAJAR BEHAVIORISTIK PERSPEKTIF PENDIDIKAN AKHLAK IMAM AL-GHAZALI

Salsabila Aulia Rahma, 201786010038 (2021) KONSEP BELAJAR BEHAVIORISTIK PERSPEKTIF PENDIDIKAN AKHLAK IMAM AL-GHAZALI. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786010038_BAB I.pdf

Download (525kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786010038_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786010038_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786010038_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786010038_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786010038_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786010038_COVER DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786010038_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Untuk mengetahui konsep teori belajar behavioristik dalam perspektif al-Ghazali. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan yang dapat memberikan tambahan wawasan kepada para pembaca. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan atau library research, yaitu bentuk penelitian terhadap literature dengan pengumpulan data atau informasi yang berasal dari sumber pustaka seperti, buku, kitab, ju al dan sebagainya. Teknik pengumpulan data peneitian ini adalah dokumentasi. Selanjutnya uji keabsahan data secara validitas. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif analisis, kitab Ihya' ‘Ulumuddin karya Imam al-Ghazali dan buku-buku yang berkaitan dengan pemikirannya. Kemudian dengan metode analisis isi, koherensi dan komparatif yang dilakukan dengan pembahasan yang mendalam untuk menginterpretasi dan mengkaji kitab Ihya' ‘Ulumuddinsebagai bahan primer peneliti. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, hasil penelian menunjukkan bahwateori behavioristik dan pendidikan akhlak perspektif al-Ghazali sama-sama berfokus pada peran dan perbuatan yang mengasilkan perubahan tingkah laku. Yang membedakannya adalah di teori behavioristik dalam menghasilkan perubahan tingkah laku mebutuhkan rangsangan (stimulus) terlebih dahulu, baru bisa melihat hasil perubahan tingkah laku tersebut. Sedangkan al-Ghazali berpendapat bahwa perbuatan tersebut dilakukan sistematis tanpa adanya rangsangan (stimulus) tapi menggunakan akhlak yang ada dalam hati setiap manusia, dengan itu manusia akan menghasilkan perubahan progesif pada tingkah laku yang dimana apabila melaksanakannya tidak perlu ada stimulus dan menghasilkan akhlak yang mulia.Adapun tugas seorang pelajar menurut Imam al-Ghazali yang berkaitan dengan teori belajar behavioristik, yaitu sebagai berikut: 1) Mendahulukan kesucian hati, 2)Bersedia merantau untuk mencari ilmu pengetahuan 3) Jangan menyombongkan ilmunya dan menentang gurunya, 4) Mendahulukan ilmu yang terpuji dan terpenting, 5) Mempelajari ilmu secara bertahap 6) Belajar ilmu sampai tuntas untuk kemudian beralih pada ilmu yang lainnya, 7) Hendaknya tujuannya dalam belajar di dunia adalah untuk menghias dan mempercantik batinnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 297.5 RAH K
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Ahmad yusuf, S.PdI., M.Pd, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 04 Dec 2021 11:55
Last Modified: 10 May 2023 03:37
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1494

Actions (login required)

View Item View Item