PENGARUH METODE GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN QOWAID PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X MA AL-HIDAYAH JATIGUNTING WONOREJO PASURUAN

Syarifatun Nisa', 201786020039 (2021) PENGARUH METODE GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN QOWAID PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X MA AL-HIDAYAH JATIGUNTING WONOREJO PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786020039_BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786020039_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786020039_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786020039_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786020039_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786020039_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786020039_COVER DEPAN.pdf

Download (686kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786020039_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran selama ini, Salah satu masalah yang dihadapi adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Ketika proses pembelajaran berlangsung siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan siswa kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa hususnya pada mata pelajaran bahasa Arab di MA Al-Hidayah Jatigunting Wonorejo, oleh karena itu peneliti ingin mengadakan suatu penelitian mengenai metode pembelajaran dan kolaboratif sesama guru dengan menerapkan metode pembelajaran Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab di MA Al-Hidayah Jatigunting Wonorejo. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran bahasa Arab di MA Al-Hidayah Jatigunting Wonorejo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode Group Investigation mata pelajaran bahasa Arab di MA Al-Hidayah Jatigunting Wonorejo. Metode penelitian yang di gunakan adalah jenis penelitian eksperimen, Adapun bentuk desain eksperimen yang digunakan adalah one group pretest-postest design yaitu adanya pretest sebelum diberikan perlakuan dan adanya postest sesudah diberikan perlakuan. Adapun rumus perhitungan statistik diolah dengan menggunakan program SPSS 17 . Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka diperolehan nilai t hitung > t table dimana 5.017 > 0.514 dan nilai Sig. < 0.05 yaitu 0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Group Investigation mempengaruhi hasil belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran bahasa Arab di MA Al-Hidayah Jatigunting Wonorejo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 NIS P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMiftachul Taubah, S.PdI,. M.Pd I, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 15 Sep 2021 09:01
Last Modified: 13 Jun 2023 03:15
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1514

Actions (login required)

View Item View Item