PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LIMBAH BOTOL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KLUWUT

Siti Lailatuz Zuhro, 201786010074 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LIMBAH BOTOL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KLUWUT. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786010074_BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786010074_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786010074_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786010074_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786010074_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786010074_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786010074_COVER DEPAN.pdf

Download (650kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786010074_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (31kB)

Abstract

Pengaruh Penggunaan Media Limbah Botol Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Di SDN Kluwut. Skripsi. Pendidikan Agama Islam, Universitas Yudharta Pasuruan. pembimbing Muhammad Nur Hadi,S.Ag., M.PdI Kata kunci : media, limbah botol, motivasi belajar, PAI Inovasi pembelajaran sangat diperlukan bagi guru guna untuk meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang sering di anggap problem dalam proses pembelajaran. Salah satu inovasi tersebut adalah dengan menggunakan limbah botol. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kluwut karena sekolah ini merupakan pilihan utama masyarakat Kluwut Krajan dan sekita ya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan limbah botol pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memotivasi belajar siswa di SD Negeri Kluwut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen pretes dan posttes. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas IV yang berjumlah 35. Semua populasi ini akan dijadikan sampel penelitian dengan disain kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diperoleh melalui instrumen angket yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Untuk menguatkan hasil angket tersebut peneliti juga menggunakan instrumen observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu uji instrumen dengan menggunakan uji validitas dan realibilitas selanjutnnya uji pra syarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Adapun tahap akhir adalah uji t untuk mengetahui perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media limbah botol berpengaruh dalam memotivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pretes dan posttes pada tahap pretes rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 51,2%. Setelah dilakukan eksperimen maka hasil posttes pada kelas eksperimen sebesar 93,0%, sedangkan kelas kontrol sebesar 78,4% berdasarkan hasil uji SPSS 16, dapat diketahui bahwa nilai signifikansinya adalah 0.000 sehingga kurang dari 0.05 maka H0 di tolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 ZUH P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhammad Nur Hadi,S.Ag., M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 15 Sep 2021 10:09
Last Modified: 05 Jun 2023 01:32
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1527

Actions (login required)

View Item View Item