IMPLEMENTASI METODE SIMULASI UNTUK MEMAHAMI PEMBELAJARAN WUDU (Studi Kasus di Asrama C Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan)

Ika Indriyani, 201786010016 (2021) IMPLEMENTASI METODE SIMULASI UNTUK MEMAHAMI PEMBELAJARAN WUDU (Studi Kasus di Asrama C Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786010016_BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786010016_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786010016_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786010016_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786010016_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786010016_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786010016_COVER DEPAN.pdf

Download (866kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786010016_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)

Abstract

Pondok pesantren Ngalah Asrama C merupakan salah satu Pesantren yang saat ini mengimplementasikan pembelajaran khususnya taharah wudu dengan menggunakan metode simulasi. Sebab, metode simulasi memberikan pengalaman baru terhadap santri dalam mempelajari pelajaran dengan cara seakan-akan santri berada dalam kondisi sebena ya. Sehingga metode simulasi memberi manfaat bagi santri untuk mendalami dan menguasai ilmu agama Islam dan juga implementasi dengan sempu a. Tujuan penelitian ini yang pertama untuk mendeskripsikan metode simulasi untuk memahami pembelajaran berwudu di Asrama C. Yang kedua, untuk implementasikan metode simulasi pada pembelajaran wudu yang diterapkan pada santri Asrama C. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknik penggalian data adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data temuan di lakukan dengan Persitent Observation (ketekunan/ keajekan pengamatan), dan Triangulasi metode dan teori. Penelitian ini telah memberikan hasil yang pertama, pembelajaran praktik wudu di Asrama C menggunakan metode simulasi. Para Asatidz menjelaskan terkait materi yang akan disimulasikan kemudian mensimulasikan tata cara berwudu mulai dari niat hingga tertib pada santri. Setelah itu dilanjut dengan santri praktik berwudu sesuai dengan yang diinstruksikan oleh Asatidz dan para Asatidz memantau praktik berwudu santri. Pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi ini telah memberikan kepahaman pada santri. Yang kedua, implementasi metode simulasi pada pembelajaran berwudu di Asrama C dilaksanakan pada hari Jumat setelah salat subuh berjamaah dan diikuti oleh seluruh. Pelaksanaan implementasi metode simulasi melalui tiga tahapan, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 IND I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Ahmad Ma'ruf, S. PdI., M. PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 03 Nov 2021 14:57
Last Modified: 10 May 2023 03:56
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1554

Actions (login required)

View Item View Item