FORMULASI PENDIDIKAN PESANTREN NGALAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PLURALISTIK

Dina Uswatun Khasanah, 201986130003 (2021) FORMULASI PENDIDIKAN PESANTREN NGALAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PLURALISTIK. Magister thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201986130003_BAB I.pdf

Download (506kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201986130003_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201986130003_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201986130003_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201986130003_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201986130003_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201986130003_COVER DEPAN.pdf

Download (731kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201986130003_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)

Abstract

Pondok Pesantren Ngalah merupakan pesantren yang memiliki hubungan dekat dengan non muslim. Sering kali Pondok Pesantren Ngalah mengadakan acara yang turut mengundang saudara non muslim, dan begitu pula sebaliknya. Sering kali saudara non muslim juga berkunjung ke Pondok Pesantren Ngalah guna melangsungkan acara seperti Live in Pendeta. Pondok Pesantren Ngalah dan para santrinya juga sangat senang menyambut kedatangan para saudara non muslim. Dengan berbagai kegiatan inilah bagaimana formulasi pendidikan pesantren Ngalah dalam membentuk karakter religius pluralistik serta bagaimana proses penerapan pendidikan pesantren Ngalah dalam membentuk karakter religius pluralistik. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk:(1) mengetahui bagaimana formulasi pendidikan pesantren Ngalah dalam membentuk karakter religius pluralistik (2) Untuk mendeskripsikan proses penerapan formulasi pendidikan pesantren Ngalah dalam membentuk karakter religius pluralistik. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini yakni jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus di Pondok Pesantren Ngalah. Adapun subyek penelitian ini adalah kepala Pondok Pesantren Ngalah, pengurus pusat Biro Pendidikan Pondok Pesantren Ngalah, dan peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa formulasi pendidikan pesantren Ngalah dalam membentuk karakter religius pluralistik berbeda dengan yang disampaikan oleh Glock and Stark yakni mencakup lima dimensi yakni The experiental dimension atau pendidikan informal dan kegiatan dengan non muslim, The ritualistic dimension atau kegiatan-kegiatan religius di Pondok Pesantren Ngalah, The intellectual dimension atau jenjang pendidikan formal, informal, dan non formal, The consequential dimension atau budaya pesantren, dan The ideological dimension. Lalu, peneliti juga menemukan satu formulasi yang tidak ada hubungannya dengan kelima dimensi tersebut. Selain itu, proses penerapan pendidikan pesantren melalui kegiatan-kegiatan religius, pembelajaran kitab kuning, budaya pesantren, dan peran aktif dalam kegiatan pluralistik.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 297.77 KHA F
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Achmad Yusuf, M.pd, ã…¤UNSPECIFIED
Thesis advisorDr.Asrul Anan, S. Ag., M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Karya Umum > Kumpulan Karya Umum
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam Multikultural (S2)
Date Deposited: 06 Dec 2021 15:23
Last Modified: 09 Aug 2023 08:05
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1555

Actions (login required)

View Item View Item