PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SANTRI PROGRAM AMTSILATI PONDOK PESANTREN NGALAH

M. Abid Athoillah, 201786020009 (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SANTRI PROGRAM AMTSILATI PONDOK PESANTREN NGALAH. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786020009_BAB I.pdf

Download (401kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786020009_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786020009_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786020009_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786020009_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786020009_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786020009_COVER DEPAN.pdf

Download (822kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786020009_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB)

Abstract

Program Amtsilati merupakan salah satu program yang ada di ponpes Ngalah yang mana bertempat di asrama E, mempelajari tentang cara cepat belajar kitab kuning dengan metode Amtsilati dan system pembelajarannya dengan menggunakan klasikal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagamana penerapan model pembelajaran index card match (ICM) untuk meningkatkan prestasi belajar santri program Amtsilati Pondok Pesantren Ngalah serta apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat. Pendekatan penelitianiniadalahpendekatan kuantitatif model eksperimen desain (Kelas eksperimen dan kontrol). Adapunjenispenelitian yang digunakanadalah metode komparatif dan deskriptif. Dalam penelitian ini, subyek penelitian ini adalah guru serta santri Amtsilati jilid 4 dan 5. Adapun sumber data dari hasil observasi, dokumentasi, uji T-test sedangkan analisis data meliputi: analisis deskriptif, Uji Independent T-test dua sampel, dan penarikan kesimpulan. Tahapan-tahapan penelitian meliputi: tahap pre-test dan post-test, tahap penarikan hasil data dari Sig(2 tailed) melalui apk SPSS, tahap analisis data dan tahap penulisan laporan. Hasilpenelitianinididapatkanbahwa(1)penerapan model pembelajaran index card matchuntuk meningkatkan Prestasi belajar santri program Amtsilati Pondok Pesantren Ngalahyaitu: (a)Penerapan model pembelajaran index card matchdapat melatih santri untuk lebih kuat dalam mengingat pelajaran, serta menjadikan santri untuk lebih aktif dan semangat dalam belajar dan menggali ilmu nahwu sharaf dengan kitab Amtsilatinya,(b) penerapan model pembelajaran index card matchdapat melatih para santri untuk lebih giat belajardan menghafal pelajaran(c) penerapan model pembelajaran index card match dapat memberikan sensasi ketagihan dalam belajar Amtsilati(d) hasil peningkatan Prestasi belajar santrisetelahmenggunakan model pembelajaran index card match telah mencapai nilai rata-rata yang ditentukan (2) faktor pendukungnya adalah suasana kelas yang kondusif, sarana dan prasarana yang memadahi, serta hubungan yang baik antara guru dan peserta didik sedangkan faktor penghambatnya adalah bahan-bahan dalam penggunakan index card match relative banyak. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran ICM untuk meningkatkan Prestasi belajar santri dalam penelitian ini, sesuai dengan teori metode pembelajaran kooperatif tipe index card match.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 ATH P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorH. Syarifuddin, M.Pd., MA, TESOL, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 23 Oct 2021 12:57
Last Modified: 01 Jul 2023 02:38
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1565

Actions (login required)

View Item View Item