Surya Anggara Mukti, 201369080011 (2018) OPTIMALISASI PEMBANGUNAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PELATIHAN OTOMOTIF. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf Download (267kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (706kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) | Request a copy |
|
Text (COVER.pdf)
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA..pdf)
DAFTAR PUSTAKA..pdf Download (148kB) |
Abstract
Optimalisasi pembangunan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan otomotif adalah suatu proses pengoptimalan program pembangunan pemerintah Desa untuk membangun masyarakatnya dengan melihat kegiatan pemberdayaan melalui pelatihan otomotif . Dalam proses kegiatan pemberdayaan masih belum berjalan secara Optimal dikarenakan adanya beberapa penghambat. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kondisi program pemberdayaan di Desa Sengonagung, 2) mengetahui faktor yang menghambat dan mendukung dalam proses kegiatan pemberdayaan melalui pelatihan otomotif di Desa Sengonagung. 3) mengetahui strategi pemberdayaan melalui pelatihan otomotif di Desa Sengonagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif diskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman (2013). Hasil penelitian menunjukkan, 1) kondisi progam pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan di Desa sengonagung ini sudah berjalan, namun dalam proses pelaksanaan kegiatanya masih kurang berjalan secara optimal, (2) Faktor pendukung proses kegiatan pemberdayaan melalui pelatihan otomotif tersebut ialah seragam untuk pelatihan, peralatan pelatihan, tenaga infrastruktur pelatihan, tempat, konsumsi, jaringan kerja, biaya transport. Selain itu faktor pendukung lainnya adalah atas dukungan partisipasi pemuda untuk berkenan mengikuti program pelatihan ini, (3) Faktor penghambat proses kegiatan pemberdayaan melalui pelatihan otomotif ialah keterlambatan jam masuk, kurangnya kordinasi dan komunikasi, tidak adanya keberlanjutan setelah pelaksanaan program tersebut dalam arti pendampingan kemandirian baik dalam bentuk fasilitas praktek, anggaran, maupun pengawasan. serta seleksi pemerataan peserta yang kurang merata di berbagai dusun, (4) strategi pemberdayaan melalui pelatihan di Desa Sengonagung ini ialah pertama dengan melihat potensi yang cocok,kedua dengan melihat latarbelakang masyarakatnya, dari strategi juga masih kurang optimal, karena masih harus ada strategi lagi untuk dapat memberikan pembangunan pemberdayaan secara optimal, seperti Ketiga, pemberdayaan bermakna melindungi (protection) dan keberpihakan terutama terhadap kelompok masyarakat miskin atau yang kurang berdaya serta merata.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 302.14 MUK O | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Karya Umum > Kumpulan Karya Umum | ||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Administrasi Publik | ||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2018 12:08 | ||||||
Last Modified: | 20 Nov 2023 02:41 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/157 |
Actions (login required)
View Item |