Implementasi Metode Bermain Bernyanyi Bercerita ( BBB ) Dalam Pembelajaran Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Ra Al-Fattah Bulukandang Prigen

Devi Muallifah, 201786010003 (2021) Implementasi Metode Bermain Bernyanyi Bercerita ( BBB ) Dalam Pembelajaran Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Ra Al-Fattah Bulukandang Prigen. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786010003_BAB I.pdf

Download (597kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786010003_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786010003_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786010003_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786010003_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786010003_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786010003_COVER DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786010003_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)

Abstract

RA Al – Fattah merupakan salah satu lembaga yang menerapkan metode bermian,bernyanyi, bercerita dalam pembelajaran agama islam. Dengan menggunakan metode ini anak didik akan lebih mudah dalam memahami pembeljaran yang di dapat, akan meningkatkan kemampuan tetrtentu berdasarkan pengalaman belajar tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mndeskripsikan metode bermain, bernyanyi, bercerita ( BBB ) dalam pembelajran Agama Islam untuk meningkatkan pemahaman Agama Islam pada anak usia dini di RA Al – Fattah Bulukandang dan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan metode bermain, bernyanyi, bercerita dalam pembelajaran Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknik penggalian data adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data temuan di lakukan dengan Persitent Observation (ketekunan/ keajekan pengamatan), dan Triangulasi metode dan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Agama Islam dalam menggunakan metode bermain, bernyanyi, bercerita telah membantu memahamkan anak didik dalam pembelajaran Agama Islam. Implementasi di lakukan secara tiga tahapan, tahap pembukaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penutupan, dalam pelaksanaanya diikuti oleh anak didik paud beserta guru kelas. Adapun kelebihan dan kekurangan dari metode tersebut Kelebihan metode bermain,bernyanyi,bercerita adalah dapat mendorong minat belajar anak didik , membangkitkan semangat belajar kepada anak didik dan dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan. Kekurangan metode bermain, bernyanyi, bercerita adalah jika dilakukan tanpa persiapan yang matag maka pembelajaran tidak tercapai secara maksimal juga membutuhkan daya kreasi yang tinggi dari pihak guru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 MUA I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorH. Ali Muhtarom, S.Ag., M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 07 Nov 2021 10:51
Last Modified: 05 Jun 2023 01:15
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1577

Actions (login required)

View Item View Item