REINFORCEMENT NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PAI BUDI PEKERTI STUDI KASUS DI SD CANDIRENGGO SINGOSARI

M. Nur Zuhri Fauzi, S.Pd, 201986130002 (2021) REINFORCEMENT NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PAI BUDI PEKERTI STUDI KASUS DI SD CANDIRENGGO SINGOSARI. Magister thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201986130002_BAB I.pdf

Download (590kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201986130002_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201986130002_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201986130002_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201986130002_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201986130002_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201986130002_COVER DEPAN.pdf

Download (661kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201986130002_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB)

Abstract

Reinforcement adalah penguatan perilaku yang dapat mengakibatkan perilaku tersebut dapat diulang kembali. Oleh karena itu reinforcement (penguatan) dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk mencapai tingkah laku yang baik dalam pembelajaran. Melalui reinforcement pendidikan multikultural terjadi proses pembentukan sikap Al-musawah, Al-rahmah, At-tasamuh, At-ta'aruf, At-ta'awun, As-salam, Al-amanah, Al-tanawwu', Tawazun, At-tasyawur, Takaful-al-ijtima', Al-insyirah. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana nilai-nilai pendidikan multikutural pada mata pelajaran PAI Budi Pekerti Tingkat SD? Dan Bagaimana reinforement pendidikan multikultural dalam Pembelajaran PAI budi pekerti tingkat SD? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendektan studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Dan subyek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru PAI, tokoh masyarakaat. Hasil penelitian adalah pertama Dalam buku PAI BP memiliki beberapa materi yang memiliki nilai-nilai multikultural yaitu pelajaran ke 1 indahnya saling menghormati, pelajaran ke 4 ayo membayar zakat, pelajaran ke 6 indahnya saling membantu, pelajaran ke 8 senangnya berakhlak terpuji, dan pelajaran ke 9 ayo berinfak dan bersedekah. Dari beberapa materi tersebut terdapat nilai-nilai pendidikan multikultural yaitu Al-musawah (persamaan/kesetaraan), Al-rahmah (kasih sayang), At-tasamuh (toleransi), At-ta'aruf (kebersamaan), At-ta'awun (tolong-menolong), As-salam (kedamaian), Al-amanah (disiplin/jujur), Al-tanawwu' (keberagaman), Tawazun (harmoni), At-tasyawur (musyawarah), Takaful-al-ijtima' (solidaritas sosial), Al-insyirah (lapang dada). Kedua pada dasa ya penguatan (reinforcement) di SD Candirenggo menggunakan dua jenis. Penguatan verbal, yaitu denga menggunakan kata kata dorongan yang diselipkan ketika kegiatan tepatnya setelah sholat dhuha ketika waktu mauidhotul hasanah. Dan penguatan non verbal ditambah verbal, yaitu dengan cara mendekati siswa dan memberikan sebuah dorongan. Cara penggunaanya dengan beberapa cara antara lain penguatan kepada pribadi tertentu yaitu kepada siswa yang membutuhan penangan tertentu seperti saat mempraktekan pelajaran ke 6, Penguatan kepada kelompok siswa yaitu pada saat beberapa kelompok yang berhasil menjawab pertanyaan dan yang sudah melaksanakan drama. Dan menggunakan beberapa prinsip penguatan atau reinforcement diantaranya Kehangatan dan keantusiasan pada saat siswa melakasanakan sholat dhuha sampai selesai, Kebermaknaan ketika mendengarkan kultum atau mauidhotul hasanah

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 370.117 FAU R
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. H. Saifulah, MHI, ã…¤UNSPECIFIED
Thesis advisorDr. Ahmad Marzuki, S.Pd.I., M.Ag, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Karya Umum > Kumpulan Karya Umum
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam Multikultural (S2)
Date Deposited: 04 Nov 2021 08:10
Last Modified: 05 Jun 2023 01:24
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1579

Actions (login required)

View Item View Item